Hubungan antara Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SD Negeri 4 Wameo
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v8i2.862Kata Kunci:
motivasi belajar, prestasi belajarAbstrak
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara motivasi belajar dan prestasi belajar siswa di kelas IV SD Negeri 4 Wameo tahun ajaran 2021/2022. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan anatara motivasi belajar dan prestasi belajar siswa di kelas IV SD Negeri 4 Wameo.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populsi dalam penelitian ini adalah seluru siswa kelas IV SD Negeri 4 Wameo tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 40 orang siswa. Sampel sebanyak 40 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi.Dari nilai korelasi dalam penelitian ini menunjukan bahwa motivasi belajar matematika siswa tidak mempunyai hubungan yang positif dengan prestasi belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 4 Wameo tahun ajaran 2021/2022. Sedangkan berdasrkan pengujian hipotesis diketahui bahwa nilai sig. (0,000)> 0,05 sehingga H0 ditolak atau terdapat hubungan yang signifkan antara kedua veriabel.
Unduhan
Referensi
Hamid, Marwan. 2013. “Hubungan Antara Motivasi Dengan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Jangka Kabupaten Bireun.” Lentera 13:12–21.
Khasanah, Uswatun. 2021. Analisis Regresi. Yogyakarta: UAD Press.
Kurniaman, Otang, and Eddy Noviana. 2017. “Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, Dan Pengetahuan.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6(2):389. doi: 10.33578/jpfkip.v6i2.4520.
Lase, Sadiana. 2018. “Hubungan Antara Motivasi Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP.” Jurnal Warta Edisi 56(April).
MZ, Zubaidah Amir. 2013. “Perspektif Gender Dalam Pembelajaran Matematika.” Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender 12(1):15. doi: 10.24014/marwah.v12i1.511.
Saifullah, and Muchlis. 2019. “Statistika Teori Dan Aplikasi Pendidikan.” Supermat (Jurnal Pendidikan Matematika) 2(1):1–10.
Sinaga, and Enny Kerisitiana. 2019. Statistika Teori Dan Aplikasi Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Sugiyono. 2018. “Teknik Analisis Kualtitatif.” Teknik Analisis 1–7.
Susanto, Hari Purnomo. 2016. “Analisis Hubungan Kecemasan, Aktivitas, Dan Motivasi Berprestasi Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa.” Beta Jurnal Tadris Matematika 9(2):134. doi: 10.20414/betajtm.v9i2.10.
Syafril. 2019. Statistik Pendidikan. Jakarta: Kencana.