Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Buton dalam Menyelesaikan Soal Cerita dalam Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v8i2.864Kata Kunci:
kemampuan, soal matematika bentuk ceritaAbstrak
Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan siswa kelas VIII A SMP Negeri 11 Buton dalam menyelesaikan soal cerita dalam pembelajaran matematika pada materi pola bilangan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Buton dalam menyelesaikan soal cerita dalam pembelajaran matematika pada materi pola bilangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dalam pembelajaran matematika pada materi pola bilangan di kelas VIII SMP Negeri 11 Buton, dimana jumlah subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII A SMP Negeri 11 Buton tahun ajaran 2021/2022. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, tes, dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan observasi, pelaksanaan tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalama penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau vertifikasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dengan menggunakan tes dan wawancara kemampuan siswa dalam memahami masalah soal cerita dikategoriikan kemampuan tinggi, kemampuan siswa merancanakan metode atau strategi dalam menyelesaikan soal cerita dikategorikan kemampuan tinggi, kemampuan siswa melaksanakan metode atau strategi dalam menyelesaikan soal cerita dikategorikan kemampuan sedang, kemampuan siswa dalam membuktikan kebenaran jawaban yang diperoleh dikategorikan kemampuan sedang.
Unduhan
Referensi
Ayu, N. S. (2018). Analisis kemampuan Siswa menyelesaikan Soal matematika Bentuk cerita Di kelas VII MTs. Negeri Bandar T.A 2017/2018.
Ayuwirdaya, C. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman Di MTsN 4 Banda Aceh. 4–5.
BAPM. (2008). Instrumen penelitian. November, 1–22.
Hasniati, Jais, E. & H. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tomia.
Herlawan. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Buton Tengah. 5(November), 112–118.
Lestari, D. & sardin. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Krisley Terhadap Penalaran Matematika Siswa. 6(d), 49–52.
Syahrum, S. &. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif.