Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Video Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa SMPN 2 Baubau
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v8i2.866Kata Kunci:
pembelajaran matematika, media video pembelajaran, motivasi belajarAbstrak
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh pembelajaran matematika dengan menggunakan video pembelajaran matematika terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VII SMPN 2 Baubau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran maemaika dengan menggunakan video pembelajaran terhadap motivasi belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Baubau. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Baubau semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 9 kelas dan sampel yang digunakan adalah kelas VII.8 dan VII.9 yang berjumlah 58 siswa dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket motivasi belajar matematika siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji Independent Sample T-Test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan nilai thitung sebesar 3,43 dan nilai ttabel 2,003 pada taraf signifikan 5% dengan df 56. Dengan demikian nilai thitung > ttabel maka Ho ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan video pembelajaran ada pengaruh positif yang signifikan terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Baubau.
Unduhan
Referensi
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.
Azis & Ali, S. (2019). Pengaruh Jam Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Batauga. Jurnal akademik pendidikan matematika. 5(2), 94–101.
Hadi, E. K. A. P., Pascasarjana, P., & Maret, U. S. (2009). Perbedaan Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Multimedia dengan VCD (Video Compast Disc) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri Kota Semarang [UNS-Pascasarjana Prodi. Teknologi Pendidikan-S810908305-2009]. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/11508
Hamalik, O. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Musakir, M. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Kabupaten Tanah Tidung. Jurnal Pendidikan Dasar,36–47. https://doi.org/10.21009/JPD.061.04
Priyatno, D. (2013). Analisis Korelasi, regresi, dan Multivariate Dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media
Rahmatia, & Ihwana, L. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Wangi-Wangi Selatan. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 7(1), 22–28. https://www.ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika
Sugiyono. (2004). Metode Penelitian. Bandung Alfabeta.