Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bilangan Pecahan pada Siswa SMP

Penulis

  • Azis Azis Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Maya Nurlita Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Zulkifran Zulkifran Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v8i2.875

Kata Kunci:

analisis kesulitan siswa, operasi bilangan pecahan

Abstrak

Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal operasi bilangan pecahan pada penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Lasalimu Selatan Kecamatan Lasalimu Selatan Kabupaten Buton dengan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Lasalimu Selatan yang berjumlah 32 siswa dengan menggunakan metode deskriptif yang perhatian utamanya adalah hasil tes matematika siswa pada pokok operasi bilangan pecahan. Dari hasil analisis dan pembahasan dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa kesulitan-kesulitan siswa yang dilakukan siswa kelas VII SMP Negeri 6 Lasalimu Selatan dalam menyelesaikan soal operasi bilangan pecahan adalah kesulitan konsep, prinsip, dan keterampilan (skill). Kesulitan konsep dengan 17 kesalahan dan besar persentase sekitar 13,08%, kesulitan prinsip dengan 24 kesalahan dan besar persentase sekitar 18,46%, serta kesulitan keterampilan (skill) dengan 59 kesalahan dan besar persentase sekitar 45,38%. Oleh karena itu, perlu dipertegas kepada siswa tentang konsep, prinsip, dan keterampilan (skill) yang digunakan dalam operasi hitung bilangan pecahan (khususnya operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan) dengan menjelaskan kembali masalah-masalah yang tidak dimengerti siswa serta memberikan tugas yang relevan dengan kesulitan-kesulitan tersebut.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Azis, A., & Sugiman, S. (2015). Analisis Kesulitan Kognitif dan Masalah Afektif Siswa SMA dalam Belajar Matematika Menghadapi Ujian Nasional. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 162. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7331

Eksan, S. (2013). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Pada Materi Himpunan. Universitas Negeri Gorontalo.

Fatimah, S. N., & Khotimah, R. P. (2015). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Dan Pertidaksamaan Linier Di Kelas X SMK Prawira Marta Kartasura Tahun Ajaran 2014/2015 [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/33190/

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2007). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru (Terjemahan). In Penerbit Universitas Indonesia.

Rahmasantika, D., & Prahmana, R. C. I. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Pada Operasi Hitung Pecahan Berdasarkan Tingkat Kecerdasan Siswa. Journal of Honai Math, 1(2). https://doi.org/10.30862/jhm.v1i2.1041

Sugiono, A. (2001). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif. Kualitatif Dan R&D.

Widyasari, N. M. ., Meter, I. ., & Negara, I. G. A. . (2015). Analisis Kesulitan-Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IV Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di SD Piloting Se-Kabupaten Gianyar. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-28

Cara Mengutip

Azis, A., Nurlita, M., & Zulkifran, Z. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bilangan Pecahan pada Siswa SMP. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 8(2), 116-134. https://doi.org/10.55340/japm.v8i2.875

Terbitan

Bagian

Articles