Validitas Tes Buatan Guru Bidang Studi Matematika Menurut Teori Tes Klasik Tingkat SMP di Kota Baubau
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v8i2.876Kata Kunci:
validitas, tes buatan guru, teori tes klasikAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan tingkat validitas tes buatan guru bidang studi matematika menurut teori tes klasik tingkat SMP Di Kota Baubau. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh tes pilihan ganda yang dibuat oleh guru untuk kegiatan ulangan akhir semester genap siswa kelas VIII tahun ajaran 2020/2021 bidang studi matematika pada 7 SMP Negeri di kota Baubau. Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar jawaban siswa, kunci jawaban dan rekap nilai kriteria siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan aplikasi SPSS Stattistic versi 26. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, hasil analisis validitas tes buatan guru pada SMP Negeri 1 Baubau Sebesar 0.684 yang berarti validitasnya termasuk kategori cukup Baik, SMP Negeri 3 Baubau Sebesar 0.770 yang berarti validitasnya termasuk kategori Baik, SMP Negeri 5 Baubau Sebesar 0.491 yang berarti validitasnya termasuk kategori Cukup Baik, SMP Negeri 7 Baubau Sebesar 0.404 yang berarti validitasnya termasuk kategori Cukup Baik, SMP Negeri 9 Baubau Sebesar 0.439 yang berarti validitasnya termasuk kategori Cukup Baik, SMP Negeri 11 Baubau Sebesar 0.434 yang berarti validitasnya termasuk kategori Cukup Baik, SMP Negeri 17 Baubau Sebesar 0.611 yang berarti validitasnya termasuk kategori Cukup Baik. Sehingga Validitas Tes Buatan Guru Bidang Studi Matematika Menurut Teori Tes Klasik Tingkat SMP di Kota Baubau sebesar 0.547 dengan kategori Cukup Baik.
Unduhan
Referensi
Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5
Hasniati, H., Jais, E., & Herlawan, H. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tomia. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 6(2), 133–139. https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/view/268
Lestari, D., & Sardin, S. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Knisley Terhadap Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 6(1), 49–52. https://www.ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika
Nidawati, N. (2013). Belajar Dalam Perspektif Psikologi dan Agama. Jurnal Pionir, 1(1), 13–28. https://doi.org/10.22373
Nuswowati, M., Binadja, A., Soeprodjo, S., & Ifada, K. E. N. (2010). Pengaruh Validitas Dan Reliabilitas Butir Soal Ulangan Akhir Semester Bidang Studi Kimia Terhadap Pencapaian Kompetensi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1), 566–573.
Purwanto, N. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.
Rasmuin, R., & Ningsih, T. A. (2020). Pengaruh Pembelajaran dengan Teknik Scaffolding Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Negeri 4 Baubau. 6(1), 22–29.
Saat, S. (2015). Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan (Studi Tentang Makna dan Kedudukannya dalam Pendidikan). Jurnal Al-Ta’dib, 8(2), 1–17. ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/407
Sarea, M. S., & Ruslan, R. (2019). Karakteristik Butir soal: Classical Test Theory Vs Item Response Theory. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 1–16. https://doi.org/10.30863/didaktika.v13i1.296
Sinaga, F. N., Huzaifah, S., & Santoso, L. M. (2016). Penerapan Model Bermain Peran Pada Pembelajaran Biologi Materi Kode Genetik dan Sintesis Protein di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Pembelajaran Biologi, 3(2), 214–222. https://core.ac.uk/download/pdf/267822808.pdf
Susdelina, S., Perdana, S. A., & Febrian, F. (2018). Analisis Kualitas Instrumen Pengukuran Pemahaman Konsep Persamaan Kuadrat Melalui Teori Tes Klasik Dan Rasch Model. Jurnal Kiprah, 6(1), 41–48.
Utomo, B. (2018). Analisis Validitas Isi Butir Soal sebagai Salah Satu Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Madrasah Berbasis Nilai-Nilai Islam. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2), 146–159. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/jmtk
Widodo, P. B. (2006). Reliabilitas Dan Validitas Konstruk Skala Konsep Diri Untuk Mahasiswa Indonesia. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.14710/jpu.3.1.1