PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 5 BAUBAU
Keywords:
pengaruh kepercayaan diri, hasil belajar siswaAbstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
seberapa besar pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri
5 Baubau ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
seberapa besar pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri
5 Baubau.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan
menggunakan metode survei. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Baubau yang terdiri dari empat kelas yaitu kelas VIII.1, VIII.2, VIII.3, dan
VIII.4 dengan jumlah 105 siswa. Sedangkan sampel
penelitian 51 siswa yang dipilih melalui formula dari
Yamane Taro. Instrumen dan teknik pengumpulan data
menggunakan kuesioner, observasi, dokumentasi, dan
wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu
analisis regresi linear sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan
bahwa ada pengaruh kepercayaan diri yang positif dan
signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 5 Baubau. Hal ini
dapat dilihat dari hasil analisis, bahwa koefisien regresi
bertanda positif untuk variabel kepercayaan diri yang
mempunyai nilai 0,585, menunjukkan adanya hubungan
yang positif (searah) antara kepercayaan diri (X)
terhadap hasil belajar siswa (Y). Sedangkan nilai T
hitung
sebesar 12,726 > T
tabel
sebesar 2,010. Disamping itu,
koefisien determinasi sebesar 0,768 atau 76,8 % hasil
belajar siswa dijelaskan oleh variabel kepercayaan diri,
sedangkan selebihnya dipengaruhi oleh faktor-faktor
yang tidak diamati oleh penelitian ini
Downloads
References
Agam Muhammad Zein Alhadad, Nelyahrdi, & Affan
Yusra. (2022). Pengaruh Kepercayaan Diri
Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA PGRI 2 Kota
Jambi. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam. 3
(2). 103-109.
Al Mandari, Syafinuddin (2004). Rumahku Sekolahku.
Jakarta: Pustaka
Angelis, Barbara D. (2003). Percaya Diri. Jakarta:
Gramedia Pustaka Utama.
Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian Suatu
Pendekatan Proposal. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. (2017). Pengembangan Instrumen
Penelitian dan Penelitian Program. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Dimyati, & Mudjino. (2009). Belajar dan Pembelajaran.
Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati, & Muldjino. (2017). Belajar dan Pembelajaran.
Jakarta: Rineka Cipta.
Fatimah, Enung. (2010). Psikologi Perkembangan Peserta
Didik. Bandung: Pustaka Setia.
Ghozali Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate
dengan Program SPSS. Semarang : Badan
Penerbit Universitas Diponegoro
Ghufron, Nur & Rini Risnawati. (2010). Teori-Teori
Psikologi. Yogyakarta: Arruzz Media.
Hakim, Thursan. (2002). Mengatasi Rasa Tidak Percaya
Diri. Jakarta: Puspa Swara.
Hakim. (2005). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri.
Jakarta: Puspa Swara.
Hamalik, Oemar. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran.
Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik. (2008). Proses Belajar Mengajar. Bandung:
Bumi Aksara.
Isna, Nurla . (2011). Panduan Menerapkan Pendidikan
Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Laksana.
Iswidharmanjaya, Derry dan Enterprise,Jubile. (2014).
Satu Hari Menjadi Lebih Percaya Diri. Jakarta:
Gramedia.
Kemendikbud. (2014). Indikator Percaya Diri. Jakarta:
Kementerian Pendidikan Nasional.
Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil
Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum
. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Lauster, Peter. (2008). Tes Keperibadian. Jakarta: Bumi
Aksara.
Muswardi M. Amin, H. (2015). Pendidikan Karakter Anak
Bangsa. Yogyakarta: Calpulis.
Nooriza Jananti, dan Tarsis Tarmudji. (2014). Pengaruh
Kepercayaan Diri, Budaya Lokal, dan Pendidikan
Agama Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran
Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Demak
Tahun Ajaran 2013/2014. Economic Education
Analysis Journal, 3(2).
Permendikbud. (2016). Standar Penilaian Pendidikan.
Jakarta: Kemendikbud.
Pribadi, Agus Santoso & Brotowidagdo, Roestamadji.
(2012). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan
Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa Universitas
Semarang. Jurnal Dinamika Sosbud, 14 (1).
http://
journal.usm.ac.id. (diakses tanggal 30 November
.
Purnomo Setiady. (2017). Metodologi Penelitian Sosial.
Jakarta: PT Bumi Aksara.
Rahma. (2016). Psikologi Komunikasi.Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Ridwan. (2009). Metode & Teknik Menyusun Proposal
Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rusmono. (2014). Strategi Pembelajaran dengan Problem
Based Learning Itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.
Santrock, J.W. (2003). Perkembangan Remaja. Jakarta:
Erlangga.
Silaen,S. (2018). Metode Penelitian Sosial untuk Skripsi dan
Tesis. Bogor: In Media.
Sitepu, dkk. (2016). Hubungan Tingkat Kepercayaan Diri
dengan Obesitas Pada Siswa SMA Negeri 1 Manado.
Jurnal E- Biomedik (EBM), volume 4, Nomor 1.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang
Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,
dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,
dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,
dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung:
Alfabeta.
Ubaedy, AN. (2007). Berpikir Positif Agar Anda Tetap PEDE
Menghadapi Hidup. Jakarta: Bee Media Indonesia
Jakarta.
Wahidmurni, dkk. (2015). Evaluasi Pembelajaran.
Yogyakarta: Nuha Litera.
Walgito, Bimo. (2004). Bimbingan dan Konseling di Sekolah.
Yogyakarta : Andi.
Wiratma. (2015). Metodologi Penelitian. Yogyakarta:
Pustaka Baru Press.
Zahra.Wahyuni, Sri. (2014) Hubungan Antara
Kepercayaan Diri dengan Kecemaasan Berbicara di
Depan Umum pada Mahasiswa Psikologi