PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 5 BAUBAU

Authors

  • Muhammad Hakim Pribadi UNIVERSITAS DAYANU IKHSANUDDIN BAUBAU
  • sist rahma Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Keywords:

pengaruh kepercayaan diri, hasil belajar siswa

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
seberapa besar pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri
5 Baubau ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
seberapa besar pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri
5 Baubau.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan
menggunakan metode survei. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Baubau yang terdiri dari empat kelas yaitu kelas VIII.1, VIII.2, VIII.3, dan
VIII.4 dengan jumlah 105 siswa. Sedangkan sampel
penelitian 51 siswa yang dipilih melalui formula dari
Yamane Taro. Instrumen dan teknik pengumpulan data
menggunakan kuesioner, observasi, dokumentasi, dan
wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu
analisis regresi linear sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan
bahwa ada pengaruh kepercayaan diri yang positif dan
signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 5 Baubau. Hal ini
dapat dilihat dari hasil analisis, bahwa koefisien regresi
bertanda positif untuk variabel kepercayaan diri yang
mempunyai nilai 0,585, menunjukkan adanya hubungan
yang positif (searah) antara kepercayaan diri (X)
terhadap hasil belajar siswa (Y). Sedangkan nilai T
hitung
sebesar 12,726 > T
tabel
sebesar 2,010. Disamping itu,
koefisien determinasi sebesar 0,768 atau 76,8 % hasil
belajar siswa dijelaskan oleh variabel kepercayaan diri,
sedangkan selebihnya dipengaruhi oleh faktor-faktor
yang tidak diamati oleh penelitian ini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agam Muhammad Zein Alhadad, Nelyahrdi, & Affan

Yusra. (2022). Pengaruh Kepercayaan Diri

Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA PGRI 2 Kota

Jambi. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam. 3

(2). 103-109.

Al Mandari, Syafinuddin (2004). Rumahku Sekolahku.

Jakarta: Pustaka

Angelis, Barbara D. (2003). Percaya Diri. Jakarta:

Gramedia Pustaka Utama.

Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian Suatu

Pendekatan Proposal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2017). Pengembangan Instrumen

Penelitian dan Penelitian Program. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Dimyati, & Mudjino. (2009). Belajar dan Pembelajaran.

Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati, & Muldjino. (2017). Belajar dan Pembelajaran.

Jakarta: Rineka Cipta.

Fatimah, Enung. (2010). Psikologi Perkembangan Peserta

Didik. Bandung: Pustaka Setia.

Ghozali Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate

dengan Program SPSS. Semarang : Badan

Penerbit Universitas Diponegoro

Ghufron, Nur & Rini Risnawati. (2010). Teori-Teori

Psikologi. Yogyakarta: Arruzz Media.

Hakim, Thursan. (2002). Mengatasi Rasa Tidak Percaya

Diri. Jakarta: Puspa Swara.

Hakim. (2005). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri.

Jakarta: Puspa Swara.

Hamalik, Oemar. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran.

Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik. (2008). Proses Belajar Mengajar. Bandung:

Bumi Aksara.

Isna, Nurla . (2011). Panduan Menerapkan Pendidikan

Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Laksana.

Iswidharmanjaya, Derry dan Enterprise,Jubile. (2014).

Satu Hari Menjadi Lebih Percaya Diri. Jakarta:

Gramedia.

Kemendikbud. (2014). Indikator Percaya Diri. Jakarta:

Kementerian Pendidikan Nasional.

Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil

Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum

. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Lauster, Peter. (2008). Tes Keperibadian. Jakarta: Bumi

Aksara.

Muswardi M. Amin, H. (2015). Pendidikan Karakter Anak

Bangsa. Yogyakarta: Calpulis.

Nooriza Jananti, dan Tarsis Tarmudji. (2014). Pengaruh

Kepercayaan Diri, Budaya Lokal, dan Pendidikan

Agama Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran

Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Demak

Tahun Ajaran 2013/2014. Economic Education

Analysis Journal, 3(2).

Permendikbud. (2016). Standar Penilaian Pendidikan.

Jakarta: Kemendikbud.

Pribadi, Agus Santoso & Brotowidagdo, Roestamadji.

(2012). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan

Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa Universitas

Semarang. Jurnal Dinamika Sosbud, 14 (1).

http://

journal.usm.ac.id. (diakses tanggal 30 November

.

Purnomo Setiady. (2017). Metodologi Penelitian Sosial.

Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rahma. (2016). Psikologi Komunikasi.Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Ridwan. (2009). Metode & Teknik Menyusun Proposal

Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rusmono. (2014). Strategi Pembelajaran dengan Problem

Based Learning Itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Santrock, J.W. (2003). Perkembangan Remaja. Jakarta:

Erlangga.

Silaen,S. (2018). Metode Penelitian Sosial untuk Skripsi dan

Tesis. Bogor: In Media.

Sitepu, dkk. (2016). Hubungan Tingkat Kepercayaan Diri

dengan Obesitas Pada Siswa SMA Negeri 1 Manado.

Jurnal E- Biomedik (EBM), volume 4, Nomor 1.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang

Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,

dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,

dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,

dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung:

Alfabeta.

Ubaedy, AN. (2007). Berpikir Positif Agar Anda Tetap PEDE

Menghadapi Hidup. Jakarta: Bee Media Indonesia

Jakarta.

Wahidmurni, dkk. (2015). Evaluasi Pembelajaran.

Yogyakarta: Nuha Litera.

Walgito, Bimo. (2004). Bimbingan dan Konseling di Sekolah.

Yogyakarta : Andi.

Wiratma. (2015). Metodologi Penelitian. Yogyakarta:

Pustaka Baru Press.

Zahra.Wahyuni, Sri. (2014) Hubungan Antara

Kepercayaan Diri dengan Kecemaasan Berbicara di

Depan Umum pada Mahasiswa Psikologi

Downloads

Published

2025-01-11

Most read articles by the same author(s)