Strategi Pengembangan Usaha Gula Aren (Arenga Pinnata Merr) di Desa Lengora Selatan Kecamatan Kabaena Tengah Kabupaten Bombana

Authors

  • Laode Ramlan Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Windi Putri Susilo Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Keywords:

Strategi Pengembangan Gula Aren, Kabupaten Bombana Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan usaha gula aren (arenga pinnata merr) di Desa Lengora Selatan Kecamatan Kabaena Tengah Kabupaten Bombana. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan analisis SWOT. teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi lapangan dan studi dokumen. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Hasil penelitian diperoleh analisis faktor strategi internal yang menjadi kekuatan yaitu status usaha milik sendiri, produsen berpengalaman, bahan baku mudah diperoleh, harga gula aren mengalami peningkatan dan memiliki pasar dan langganan pengepul yang jelas. Sedangkan kelemahan yaitu kurangnya tenaga kerja, kemasan produk yang masih sederhana, kurangnya promosi, jumlah produksi tidak menentu dan belum ada perizinan usaha.  Faktor strategi eksternal yang menjadi peluang yaitu bantuan peralatan, kredit usaha menengah yang diberikan kemudahan, produk unggulan dan ciri khas daerah, pasaran gula aren sangat luas dan pemanfaatan teknologi pemasaran dan penjualan. Sedangkan ancaman yaitu harga produk ditentukan oleh pasar atau pengepul, adanya pesaing, cuaca tidak menentu, suatu saat tanaman aren akan habis dan belum ada pelatihan budidaya tanaman aren. Dari analisis faktor internal dan eksternal didapatkan posisi strategi berada pada kuadran I yaitu strategi agresif. Strategi yang dapat diterapkan berdasarkan strategi agresif yaitu strategi S – O.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anoraga, Pandji dan Djoko Sudantoko. (2002). Koperasi, Kewirausahaan, dan Usaha Kecil. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hesty, Heryani. (2016). Keutamaan Gula Aren dan Strategi pengembangan Produk Edisi 1. Banjar Baru: Lembaga Penerbit Universitas Lambung Mengrut.

Husein Umar. (2010). Strategi Manajemen In Action. Jakarta: Penerbit Kencana Media Grup.

Rukmana, H. (2019). Untung Selangit dari Agribisnis Aren Edisi 1. Yogyakarta: Penerbit Lily Publisher.

Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, F. (2015). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Taufiqurokhman. (2016). Manajemen Strategik. Jakarta: Penerbit: Fakultas Ilmu Sosisal dan Ilmu Politik Universitas Prof.Dr Moestopo Beragama

Wheleen dan Hunger. (2001). Manajemen Strategik Pengantar Proses Berfikir Strategi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka

Downloads

Published

2020-05-01