PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP PENTINGNYA PENDIDIKAN ANAK DI DESA BATUAWU KECAMATAN SIOMPU KABUPATEN BUTON SELATAN
Keywords:
Persepsi Orang Tua,, Pendidikan Anak, Desa BatuawuAbstract
Tujuan dalam penelitian ini Untuk mengetahui persepsi orang tua terhadap pentingnya pendidikan anak dan faktor-faktor penunjang Pendidikan anak di Desa Batuawu dengan adanya lembaga pendidikan yang diadakan di desa tersebut karena peneliti ingin mengetahui sesunggunhnya bagaimana persepsi dari para para orang tua tentang pentingnya pendidikan anak mereka. Serta untuk mengetahui apa yang menjadi kendala atau pertimbangan para orang tua untuk memberikan pendidikan pada anaknya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif sehingga dapat melukiskan persepsi orang tua terhadap pentingnya pendidikan anak di Desa Batuawu Kecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah orang tua dan guru yang ada di Desa Batuawu Kecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan sedangkan instrumen yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, interpretasi data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Kesimpulan penelitian ini adala (1) Orang tua di Desa Batuawu memiliki persepsi yang cukup baik terhadap pentingnya pendidikan anak, berharap anak-anak mereka melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan mendapatkan pekerjaan yang baik. Pendidikan juga dianggap sebagai faktor utama dalam perubahan lingkungan dan pergaulan anak, meskipun kurangnya motivasi dan dorongan dari orang tua dapat menjadi kendala. (2) Faktor penghambat aspirasi pendidikan anak meliputi kurangnya minat anak untuk sekolah, kesibukan orang tua, keterbatasan ekonomi, dan penghasilan yang tidak menentu. (3) Faktor pendukung aspirasi pendidikan anak termasuk adanya lembaga pendidikan formal, dorongan keluarga, bantuan pemerintah seperti KIP, fasilitas sekolah, dan perhatian orang tua
Downloads
References
Abdillah, & Rahmat Hidayat. 2019. Ilmu Pendidikan Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI). (n.d.).
Ahmadi, Abu, And Nur Uhbiyati.2015. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta,. (n.d.).
Anita Yus. 2012. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada. (n.d.).
Anizal. W, Y. 2018. Persepsi Orangtua tentang Pendidikan Anak Usia Dini di Desa Sukarara Kecamatan Sakra Barat kabupaten Lombok Timur. Jurnal Persepsi, Pendidikan Anak Usia Dini. (n.d.).
Endang, Poerwati, dan Widodo, Nur. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Universitas Muhammadiah Malang: Malang. (n.d.).
Indriyani, M. 2018. Persepsi Orangtua terhadap penggaruh Gadget Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Skripsi. Universitas Badar Lampung. Lampung. (n.d.).
Jamal Adri, (2019). Persepsi Orang Tua Terhadap Pentingnya Pendidikan Anak Di Desa Taduasa Kecamatan Batuatas Kabupaten Buton Selatan. Jurnal Akademik Pendidikan Ekonomi. (n.d.).
Lesmana, 2012 dalam Amara Lestiantri. Pembentukan Konsep Diri Anak yang Putus Sekolah. indonesian journal of social and political sciences. Vol 1. (n.d.).
Miles, M. B. & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia. (n.d.).
Moleong, 2004. metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. (n.d.).
Monty Satiadarma. (2002). Persepsi Orang Tua Membentuk Perilaku Anak: Dampak Pygmalion di dalam Keluarga. Jakarta: Pustaka Populer Obor. (n.d.).
Novrinda, 2017. Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Potensia, Vol. 2. (n.d.).
Pratiwi, D, S. 2018. Persepsi Orangtua tentang Pendidikan Anak Usia Dini di Lingkungan RW 01 Dukuh Krajan Kota Salatiga. Jurnal Satya Widya. Vol. 34. (n.d.).
Purwanto, Ngalim. 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda. (n.d.).
Ramadhan, B, F. 2009. Gambaran Persepsi Keselamatan Berkendara Sepeda Motor pada Siswa/I Sekolah Menegah Atas di Kota Bogor Tahun 2009. Skripsi. Program S1 Universitas Indonesia.Depok. (n.d.).
Rohman, M, F. 2017. Motivasi Orangtua Menyekolahkan Anak di Mts Aswaja. Skripsi. Program Si IAIN Salatiga. Semarang. (n.d.).
Safitri, I. 2015. Persepsi Orangtua Murid Tentang Pendidikan dan Dukungan Menyekolahkan Anak.Skripsi. Program S1 IAIN Salatiga.Semarang. (n.d.).
Setiyana, A. 2013. Persepsi Orang Tua/ Wali Siswa Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar Negeri Harjobinangun, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo. Skripsi. Universitas Lampung. (n.d.).
Siregar,N.S.S., (2013),Persepsi Orang Tua terhadap Pentingnya Pendidikan bagi Anak, Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik,1(1):11-27. (n.d.).
Sobur, A. 2003. Psiskologi Umum dalam Lintasan Sejarah. Bandung: CV Pustaka Setia. (n.d.).
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. (n.d.).
Surya, M, O. 2015. Persepsi Orangtua Siswa Kelas IV SD Negeri Mlati I terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Skripsi. Program SI Universitas Negreri Yogyakarta. Yogyakarta. (n.d.).
Syafwar, F.2009. Pengantar Psikologi Umum, Stain Batusangkar Press. Batusangkar. (n.d.).
Undang-undang Republik Indonesia, No. 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Penjelasannya, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Repub1ik Indonesia. (n.d.).
Walgito, Bimo. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi. (n.d.).
Wulandari, A. 2017. Pengaruh Persepsi Orangtua Tentang Pendidikan Formal dan Lingkungan Tempat Tinggal terhadap Pekerjaan Anak di Kelurahan Pidada Kecamatan Panjang Kota Bandar Lampung. Skripsi. Universitas Lampung. Bandar Lampung. (n.d.).