TINJAUAN PENDAPATAN PEDAGANG SAYUR DI PASAR KARYA NUGRAHA KOTA BAUBAU

Authors

  • Laode Ramlan
  • Jamal Adri universitas dayanu ikhsanuddin
  • citra krinawati universitas dayanu ikhsanuddin

Keywords:

pedang sayur, pendapatan

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar pendapatan pedagang sayur di pasar Karya Nugraha Kota Baubau.?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pendapatan pedagang sayur di pasar Karya Nugraha Kota Baubau. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey yaitu dengan pendekatan analisis deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini pedagang sayur di pasar Karya Nugraha Kota Baubau. Sampel diambil menggunakan accidental sampling dari teknik nonprobability sampling dengan jumlah 31 pembeli. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket/kuesioner dan wawancara. Teknis analisis data yang digunakan yaitu NI = TR – TC / hasil pendapatan bersih yaitu total penerimaan (TR) dikurangi dengan total biaya (TC). Berdasarkan hasil penelitian pendapatan pedagang sayur di Pasar Karya Nugraha Kota Bau-bau dalam per hari yang merupakan hasil keseluruhan dari 31 informan. Dimana total penerimaan /pendapatan kotor (TR) dalam per hari sebesar Rp. 44,800,700 dikurangi biaya pengeluaran (TC) yang dikeluarkan dalam perhari sebesar Rp. 24,374,000 sehingga menghasilkan pendapatan bersih dalam perhari sebesar Rp. 20,426,700. Dari hasil penelitian dilihat dari hasil rata-rata pendapatan pedagang sayur di pasar karya nugraha Kota Bau-bau, total penerimaan (TR) dalam hari rata-rata Rp. 1,445,183, biaya pengeluaran (TC) dalam perbulan dengan rata-rata Rp. 786,258, sedangkan pendapatan bersih (NI) dalam hari dengan rata-rata Rp. 658,925.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Winardi. (1992). Manajemen Perilaku Organisasi. PT Citra Aditya Bakti, Bandung.

Mankiw Gregory. (2006). Makro Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Widyastuti. (2002). Teori Ekonomi Makro Edisi Revisi. LPFE: UI Jakarta.

Sukirno, sadono. (1995). Pengantar Ekonomi Makro. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Penerbit Grafikaa Jakarta.

Boediono. (1992). Ekonomi Mikro. MPFE – UGM,Jakarta.

Harahap. (2007). Pengantar Ekonomi Mikro. LP Fakultas Ekonomi UI, Jakarta.

Kusnandi. (2000). Akuntasi Keuangan Menengah (Intermidate). Malang: Universitas Brawijaya

Suryani. (2004). Status Kependidikan Sosial. diakses 15 Maret 2012.

Heryanto. (1998). Dengan Dasar Pendidikan Yang Relatif Memadai. Jakarta Bumi Aksara.

Meity Taqdir Qodratilah. Kamus Bahasa Indonesia Untuk Pelajar, (Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, 2011), h.82.

Gulo, W. Metode Penelitian. Jakarta: PT. Grasindo.

Nurhayati,Fatimah,S (2017). "Analisis Kondisi Sosial Ekonomi, Kendala dan Peluang Usaha Pedagang Kaki Lima: Studi pada Pedagang Kaki Lima di Seputar Alun-Alun Kabupaten Klaten."

Downloads

Published

2024-06-05