Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Wordwall Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 2 Baadia
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v10i2.1662Kata Kunci:
Pembelajaran Berbasis WordwallAbstrak
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Wordwall terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 2 Baadia?. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Wordwall terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 2 Baadia.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Baadia Tahun Ajaran 2023/2024 semester genap yang terdiri dari 2 kelas dan sampel yang digunakan adalah kelas VA dan kelas VB yang berjumlah 46 orang dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Uji Independent Sample T-Test.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan nilai = 2,405 nilai ini lebih besar dari = 2,015. Dengan demikian nilai > maka Ho ditolak. Selain itu, taraf signifikansi hasil analisis sebesar 0,020 < 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Wordwall terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 2 Baadia.
Unduhan
Referensi
Abdul Wahab, M. S. … others. (2021). Media Pembelajaran Matematika. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Ainishifa, H., Bunari, & Suroyo. (2023). Pengaruh Media Interaktif Berbasis Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kabun. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 8(3), 321–331.
Akbar, H. F., & Hadi, M. S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Psikologi, 4(2), 1653–1660.
Almagofi, F. … Wijayama, B. (2023). MEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN IPS SD. Cahya Ghani Recovery.
Andini, A., Yunita, L., & Irwandi, D. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Periodik Unsur. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 10(1), 11–28.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. PT Rineka Cipta, Jakarta.
Fahira, W. (2023). pengaruh pembelajaran interaktif berbasis game edukasi menggunakan wordwall terhadap kemampuan menulis teks negosiasi oleh siswa kelas X SMK Yapin marelan tahun pembelajaran 2022/2023. 1–14.
Hanifah, N. (2014). Perbandingan Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda Butir Soal dan Reliabilitas Tes Bentuk Pilihan Ganda Biasa Dan Pilihan Ganda Asosiasi Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Sosial, 15.
Indah Suciati, A. H. R., & Hapsan, A. (2022). Efikasi Diri dan Hasil Belajar Matematika: Suatu Kajian Meta-Analisis. CV. Ruang Tentor. Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Isnawati, A. U. (2021). Penerapan Gamifikasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II MI Ma'arif Cekok Tahun Pelajaran 2020/2021 (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo)
Khofifah Indra Sukma, & Trisni Handayani. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Wordwall Quiz Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1020–1028. Elihami, Elihami, dan Andi Saharuddin. (2018). “Peran Teknologi Pembelajaran Islam Dalam Organisasi Belajar.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 1(1):1–8. doi: 10.33487/edumaspul.v1i1.34.
Khotimah, S. K. H. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran, Inovatif di Masa Pandemi Covid-19. Edukasi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2149-2158.
Komala, R. D. (2017). Tinjauan Implementasi Personal Selling Pada PT. Astra Internasional Daihatsu Astra Biz Centter Bandung Pada Tahun 2017. Jurnal Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom, 3, 8.
Mahtumi, I. … Purbangkara, T. (2022). PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECTS BASED LEARNING). Uwais Inspirasi Indonesia.
Mitrawalida. (2018). Penerapan Strategi Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas Xi Sma 1 Sendana. Skripsi.
Mukhid, A. (2021). Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Surabaya : Jakad Media Publishing.
Palupi, A. T., Sismulyasih, N., Wasilah, Z., Farikah, F. N., Sismulyasih, N., Irvan, M. F., & Wijayama, B. (2023). METODE DAN MEDIA INOVATIF Jadikan Siswa Luar Biasa Terampil dalam Berbahasa. Cahya Ghani Recovery.
Rasmuin, dkk (2023). Aplikasi uji beda rerata. Baubau
Riyana, C., & RI, K. (n.d.). MEDIA PEMBELAJARAN. KEMENAG RI.
Rukminingsih, Adnan, D. G., & Latief, M. A. (2020). Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Erhka Utama.
Setiawan, A. R., Mahfudhoh, A. A., Khusna, R., Afiana, V., Azzahra, Z. M. F., & Wijayama, B. (2023). Model dan Media Pembelajaran Interaktif serta Pola Asuh Orang Tua terhadap Pembelajaran. Cahya Ghani Recovery.
Widoyoko. (2014). Penelitian Hasil Belajar Di Sekolah. Pustaka belajar
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, dan R&D. Alfabe, Bandung
Susilo, Agus. dkk. 2023. Strategi Pembelajaran di Era Teknologi Informasi dan Komunikasi. Riau: CV. DOTPLUS Publisher.
Syafiyatul, M., Sulistiani, I. R., & Mustafida, F. (2019). VICRATINA : Jurnal Pendidikan Islam Volume 4 Nomor 2 Tahun 2019. Vicratina, 4(1), 65–71.
Wijayanto, E., & Istianah, F. (2017). Pengaruh penggunaan media game edukasi terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Kajartengguli Prambon Sidoarjo. Jurnal penelitian pendidikan guru sekolah dasar, 5(3), 254411.
Wulandari, R., dkk. 2017. Penggunaan Multimedia Interaktif Bermuatan Games Edukasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. Teori penelitian dan pengembangan. 2: 1021-1029