Analisis Kesalahan Siswa Kelas V SD Pada Operasi Hitung Pecahan Berdasarkan Tingkat Kecerdasan Siswa
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v11i1.1818Kata Kunci:
Kesalahan Operasi Hitung Pecahan dan Tingkat Kecemasan SiswaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan siswa kelas V SD pada operasi hitung pecahan berdasarkan tingkat kecerdasan siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Kadolomoko sebanyak 30 siswa. Subjek 30 siswa dengan rincian sebagai berikut: empat siswa kategori tingkat kecerdasan tinggi, enam belas siswa kategori tingkat kecerdasan sedang, dan sepuluh siswa dengan kategori tingkat kecerdasan rendah berdasarkan indikator tingkat kecerdasan yaitu kemampuan figur, kemampuan verbal dan kemampuan numerik. Berdasarkan kesimpulan dalam penelitian ini adalah jenis kesalahan yang dilakukan siswa saat menyelesaikan operasi hitung pecahan berdasarkan tingkat kecerdasan siswa. Pada kategori tingkat kecerdasan tinggi siswa tidak mengalami masalah dalam menguraikan masalah numerik dimana kesalahan numerik 0%, hanya sedikit melakukan kesalahan figur sebanyak 8,3%, dan kesalahan verbal sebanyak 6,25%. Pada kategori tingkat kecerdasan sedang, siswa banyak melakukan kesalahan verbal 46,8%, kesalahan numerik 35,4% dan kesalahan figur sebanyak 27,08%. Sementara itu, untuk kategori tingkat kecerdasan rendah paling banyak melakukan kesalahan numerik 86,6%, disusul kesalahan verbal 77,5% dan terakhir kesalahan figur 70%.
Unduhan
Referensi
Agustinalia, I. (2018). Mengenal Kecerdasan Manusia. Sukoharjo: CV Graha Printama Selaras.
Ariska, A., & Rahman, A.A. (2020). Analisis Letak Kesalahan Jawaban Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLTV Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Berbasis Newman Di Kelas X SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 1-9.
Kosasih, N.M. (2020). Analisa Berpikir Aljabar dan Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah pada Materi SPLDV. Jurnal Fibonaci, 1(2), 12-15.
Latuconsina, N.M., & Yunanto, P.W. (2017). Pembuatan Bank Soal Dan Analisis Butir Soal Mata Kuliah Kriptografi Untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pinter, 1(2), 142-145.
Muhajarah, K. (2022). Beragam Teori Kecerdasan Proses Berpikir dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan, Sains, Sosial dan Agama, 116-127.
Nuryana, D., & Rosyana, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa SMK Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Program Linear. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 11-20.
Padmawati, dkk. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Blahbatuh. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 12(2), 11-16.
Rahmawatiningsih, D. A., Sukamto., & Subekti, E. E. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan Kelas V SDN Gunungpati 02. Dwijaloka, 2(1), 63-71.
Rahmania, L., & Rahmawati, A. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel (Analysis of Student’s Errors In Solving Word Problems Of Linear Equations In One Variable). Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 165-174.
Roosinda, F.M. (2022). Analisa Respon Masyarakat Dalam Pengimplementasian Scan Barcode Vaksin Covid-19 di Royal Plaza Surabaya. Journal of Management Communication and Organization, 1(1), 1-12.
Sibasopait, A. B. (2018). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spritual Terhadap Kinerja Melalui Kepuasan Kerja Tenaga Kependidikan Di Kantor Pusat Universitas Jember. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 12(2), 212-222.
Suciati, I. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Kelas V SDN Pengawu Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Operasi Hitung Pecahan. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 1(2), 121-133.
Sulistyaningrum, dkk (2019). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spritual Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Peserta Didik Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bulu Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 4(2), 1-19.
Sumantri, M., & Syaodih, N. (2011). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.
Syarifah. (2019). Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Gardner. Jurnal Ilmiah Suistainable, 2(2), 154-175.
Taufiq, dkk. (2010). Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Utami, A.S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Komposisi Fungsi di SMK Bakti Purwokerto. Journal of Mathematics Education, 3(2), 48-50