Analisis Literasi Numerasi Siswa melalui Pull Out Photo Math Box dengan Teknologi Augmented Reality sebagai Media Visual
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v11i1.1835Kata Kunci:
literasi numerasi, pull out photo math box, agumented realityAbstrak
Tingkat literasi numerasi siswa Indonesia masih tergolong rendah menurut hasil PISA 2022, yang menunjukkan perlunya perbaikan signifikan dalam metode pengajaran matematika. Rendahnya literasi ini berdampak pada kesiapan siswa dalam menghadapi perkembangan teknologi serta dunia kerja yang semakin kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi numerasi siswa dalam menyelesaikan soal matematika menggunakan media pull out photo math box berbasis augmented reality sebagai salah satu solusi pembelajaran yang interaktif dan inovatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi pelaksanaan tes literasi numerasi terhadap 29 siswa kelas VIII-B di SMP N 1 Trangkil, serta wawancara yang dilakukan kepada 1 perwakilan siswa dari kategori literasi numerasi kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Analisis data dilakukan melalui empat tahap utama, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan soal statistika, khususnya ukuran pemusatan data, siswa dengan literasi numerasi tinggi dapat memenuhi seluruh indikator literasi numerasi. Siswa dengan kategori sedang mampu menggunakan angka dan menguraikan data, cukup baik dalam penggunaan simbol, namun belum dapat menarik kesimpulan dengan lengkap dan tepat. Siswa dengan literasi numerasi rendah dapat menggunakan angka dan menyebutkan data, namun kurang tepat dalam penggunaan simbol, tidak lancar dalam menyelesaikan soal, dan tidak mampu menyimpulkan dengan lengkap dan tepat.
Unduhan
Referensi
Anggraini, K. E. (2022). MATHE dunesa. 11(3).
Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandri, S. (2021). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA Universitas Muria Kudus , Kudus , Indonesia Abstrak PENDAHULUAN Pentingnya ilmu matematika dalam kehidupan sehari-hari bisa meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan menyerap pelajaran lebih cepa. 10(3), 1611–1622.
Dutta, R., Mantri, A., & Singh, G. (2022). Evaluating system usability of mobile augmented reality application for teaching Karnaugh-Maps. Smart Learning Environments, 9(1). https://doi.org/10.1186/s40561-022-00189-8
Fakih, A., Setiowati, Y., Burano, R. S., Pertanian, F., Muhammadiyah, U., Barat, S., & Barat, S. (2025). Inovasi dan Pengembangan Pembelajaran Era Digital. 19(1), 1–7.
Fatha Pringgar, R., & Sujatmiko, B. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Pembelajaran Siswa. Jurnal IT-EDU, 05(01), 317–329.
Fitri, A., Fathoni, M. I. A., & Ilmiyah, N. (2023). Journal of Mathematics Education ANALISIS KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI SOAL MODEL PISA PADA ERA LITERASI DIGITAL PASCA PANDEMI COVID-19. c, 75–84.
Irwandi, B., & Roza, Y. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Statistis Peserta Asesmen Kompetensi Minimum ( AKM ). 2, 177–183.
Jannah, N., & Marwiyah, S. (2020). Model Pengembangan Kurikulum Adaptif Pada Madrasah Ibtidaiyah Inklusif. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 89–106. https://doi.org/10.36835/au.v2i1.300
Kanti, L., Rahayu, S. F., Apriana, E., & Susanti, E. (2022). Analisis Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality dengan Model POE2WE Pada Materi Teori Kinetik Gas: Literature Review. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 2(1), 75. https://doi.org/10.52434/jpif.v2i1.1731
Khakima, L. N., Zahra, S. F. A., Marlina, L., & Abdullah, Z. (2021). Penerapan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Siswa MI/SD. Prosiding Seminar Nasional PGMI, 1(1), 775–791. http://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/semai-775-
Kuswinardi, J. W., Rachman, A., Taswin, M. Z., Pitra, D. H., & Oktiawati, U. Y. (2023). Evektifitas Pemanfaatan Aplikasi Augmented Reality (AR) Dalam Pembelajaran Di Sma : Sebuah Tinjauan Sistematis. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(3), 556–563.
Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Mualamah, N. N., Lestari, F. P., Anggraini, C. A., Yasinta, E., & Ubaidah, N. (2024). Pull out photo box dengan teknologi Augmented reality sebagai media visual dalam mendukung literasi matematika. 8(2), 135–151.
Murniati, S. W., & Hakim, M. (2024). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas V SDN 1 Darek dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika. 9, 28–33.
Nadia, D. O., & Desyandri. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. 08, 17–23.
Ningrum, S. W., Khikmiyah, F., & Suryantari, E. (2024). MATEMATIS SISWA 1 , 2 Pendidikan Profesi Guru Universitas Muhammadiyah Gresik 3 SMAN I Gresik PENDAHULUAN Pendidikan pada abad ke-21 menekankan pada pengembangan keterampilan abad ke-21 yang mencakup keterampilan dasar seperti berpikir kritis , kreativita. 9(1), 64–83.
Nistrina, K. (2021). PENERAPAN AUGMENTED REALITY DALAM MEDIA. 03.
Noor Aini, I., Nia Sania Effendi, K., Kusmayadi, O., & Singaperbangsa Karawang, U. (2022). Sosialisasi Pentingnya Matematika Dalam Permasalahan Ekonomi Di Majelis Tabani-Yayasan Darul Huda. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(1), 33–42. http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS
OECD. (2023). PISA 2022 Results Factsheets Indonesia. OECD (Organisation for Economic Co-Operation and Development) Publication, 1–9. https://www.oecd.org/en/publications/pisa-2022-results-volume-i-and-ii-country-notes_ed6fbcc5-en/indonesia_c2e1ae0e-en.html
Prabawati, M. N., Muslim, S. R., & Mansyur, Z. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kota Tasikmalaya dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematis pada Materi SPLDV. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 7(2), 117–128. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i2.3661
Rezeki, T. I., Irwan, I., Sagala, R. W., Rabukit, R., & Ningsih, E. I. K. (2024). Pemberdayaan Literasi Dan Numerasi Untuk Meningkatkan Prestasi Siswadi Sd Negeri 17 Tanjung Selamat. ABDISOSHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial Dan Humaniora, 3(2), 144–151. https://doi.org/10.55123/abdisoshum.v3i2.4024
Silviani, E., Mardiani, D., & Sofyan, D. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Statistika. 10(September), 483–492.
Suci Aniyawati, R. (2023). Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Implementasi Game Edukasi Marbel Pada Pembelajaran Matematika Kelas 3 Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 400–420. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Susanti, Y. (2020). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Berhitung di Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(3), 435–448. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Takaria, J., Pattimukay, N., & Kaary, K. M. (2022). Pedagogika:Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS (KAM). Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 10(2), 318–327.
Widyati, N., Mulyadi, M., & Susanto, H. P. (2023). Pengaruh Konsentrasi Belajar Dan Literasi Numerasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Tkj Smk. Jurnal Edumatic : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 31–38. https://doi.org/10.21137/edumatic.v4i1.690
Wisnu Wardana, M. A., Febriana, N., Krida Karina, Y., Mulyono, S., & Sasmito, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pull Out Photo Box Sebagai Upaya Peningkatan Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Pada Sekolah Inklusi Tingkat Dasar. Improvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 9(1), 42–54. https://doi.org/10.21009/improvement.v9i1.27330
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074