Pengembangan Instrumen: Penyebab Rendahnya Minat Siswa untuk Menjadi Guru Matematika

Penulis

  • Husnul Khotimah Universitas Balikpapan
  • Rifqah Ardiana Universitas Balikpapan
  • Kintan Ika Nuraini Universitas Balikpapan
  • Nurul Hidayah Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v11i1.1874

Kata Kunci:

rendahnya minat siswa, guru matematika, kajian literatur

Abstrak

Pemilihan profesi merupakan tahapan krusial dalam perencanaan karir seseorang dan dipengaruhi oleh berbagai faktor internal maupun eksternal. Dalam konteks profesi guru, khususnya guru matematika, minat siswa yang rendah menjadi tantangan serius, terutama di daerah strategis seperti Kota Balikpapan yang memiliki peran penting dalam mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Berdasarkan observasi lapangan dan penyebaran kuesioner, ditemukan bahwa minat siswa di Balikpapan untuk menjadi guru matematika masih sangat rendah. Hal ini tercermin dari rendahnya jumlah pendaftar pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Balikpapan dan minimnya siswa yang menyatakan minat terhadap profesi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memahami faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya minat siswa menjadi guru matematika. Penelitian dilakukan melalui studi literatur terhadap enam artikel ilmiah dari dalam dan luar negeri. Hasil kajian menghasilkan 29 pernyataan yang digunakan untuk menyusun instrumen angket. Pernyataan tersebut dikelompokkan dalam 3 prediksi indikator yaitu faktor internal, faktor eksternal, dan karakteristik mata pelajaran matematika itu sendiri.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A Rustan, & Darto Mariman. (2020). Penguatan Daerah Penyangga dalam Mendukung Ibu Kota Negara (Issue December). PUSAT PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN DAN KAJIAN DESENTRALISASI DAN OTONOMI DAERAH.

Aguilar, J. J. (2021a). High School Students’ Reasons for disliking Mathematics: The Intersection Between Teacher’s Role and Student’s Emotions, Belief and Self-efficacy. International Electronic Journal of Mathematics Education, 16(3), em0658. https://doi.org/10.29333/iejme/11294

Aguilar, J. J. (2021b). High School Students’ Reasons for disliking Mathematics: The Intersection Between Teacher’s Role and Student’s Emotions, Belief and Self-efficacy. International Electronic Journal of Mathematics Education, 16(3), em0658. https://doi.org/10.29333/iejme/11294

Annisa, M., Hamid, H., & Kartini. (2016). PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU MELALUI PELATIHAN PENYUSUNAN KARYA TULIS ILMIAH DI WILAYAH PEDALAMAN. Jurnal Widya Laksana, 5(2), 1410–4369.

Fatimah, S., Zen, N. H., & Fitrisia, A. (2025). Literatur Riview dan Metodologi Ilmu Pengetahuan Khusus. INNOVATIVE: Jurnal Of Social Science Research, 5(1), 41–48. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/17407

Ilany, B.-S. (2022). Why I Chose to Become a Mathematics Teacher? <br/>—An Analysis of the Motivations behind the Choice of Profession Based on Gender, Seniority, and Age of Students. Creative Education, 13(01), 183–202. https://doi.org/10.4236/ce.2022.131013

Irwandi. (2016). PROFESIONALISME DAN SERTIFIKASI GURU DI ERA REFORMASI PENDIDIKAN. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/3363/2355

Komang, N., & Gede, M. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja, Nilai-Nilai Sosial, Pertimbangan Pasar Kerja, dan Personalitas Pada Pemilihan Karir Akuntan Publik. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 19(1), 1–26.

Mhd. Teguh Syuhada Lubis. (2019). Reformulasi Hukum Penanganan Tindak Pidana Kekerasan di Lingkungan Pendidikan dalam Upaya Perlindungan Profesi Guru. De Lega Lata, 6(1), 191–207. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/delegalata/article/view/4660/4981

Ningsih, A. D., & Laura, A. (2024). Transformasi Peran Guru Sebagai Pilar Pendidikan dan Masyarakat Modern. AURA: JURNAL PENDIDIKAN AURA, 5(2), 130–137. https://doi.org/10.37216/aura.v5i2.1833

Rohmah Susiani, I., & Diny Abadiah, N. (2021). KUALITAS GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI INDONESIA. MODELING, 8(2), 292–298.

Saputra, H. (2024). Penguatan Kemampuan Peserta Didik dalam Menghadapi Era Society 5.0 Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 2(2), 287–302.

Sara Murray. (2011). secondary-students-descriptions-of-good-mathematics-teachers-4rb3w356mr. In Amt (pp. 14–21).

Sudiyono. (2016). STUDENTS’ MOTIVATION IN CHOOSING A JOB (A Study of English Department Students’ of STKIP Siliwangi Bandung). In ELTIN Journal (Vol. 4). https://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/eltin/article/view/338

Thamrin, K. M. H., & Bashir, A. (2015). PERSEPSI SESEORANG DALAM MEMILIH PEKERJAAN SEBAGAI DOSEN PERGURUAN TINGGI NEGERI DI INDONESIA. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 13(3), 397–412.

Yam, J. H. (2024). Kajian Penelitian: Tinjauan Literatur Sebagai Metode Penelitian. Jurnal Empire, 4(1), 61–70.

Zahara Dwi Cendani. (2024). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU AGAMA ISLAM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-05-30

Cara Mengutip

Khotimah, H., Ardiana, R., Nuraini, K. I., & Hidayah, N. (2025). Pengembangan Instrumen: Penyebab Rendahnya Minat Siswa untuk Menjadi Guru Matematika. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 11(1), 77-83. https://doi.org/10.55340/japm.v11i1.1874

Terbitan

Bagian

Articles