Efektivitas Ice Breaking Pada Model Pembelajaran Make A Math Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 4 Satu Atap Sampolawa
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v11i1.1940Kata Kunci:
efektivitas, ice breaking, model pembelajaran make a match, hasil belajar matematikaAbstrak
Rumusan dalam penelitian ini adalah: 1) apakah penerapan Ice Breaking pada pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Make A Match efektif terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 4 Satu Atap Sampolawa; 2) Apakah penerapan model pembelajaran Make A Match tanpa penerapan Ice Breaking efektif dalam pembelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 4 Satu Atap Sampolawa; 3) Manakah yang lebih efektif antara penerapan Ice Breaking pada model pembelajaran Make A Match dan penerapan model pembelajaran Make A Match tanpa penerapan Ice Breaking dalam pembelajaran matematika siswa SMP Negeri 4 Satu Atap Sampolawa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) efektivitas penerapan Ice Breaking pada pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 4 Satu Atap Sampolawa. 2) efektivitas penerapan model pembelajaran Make A Match tanpa penerapan Ice Breaking dalam pembelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 4 Satu Atap Sampolawa. 3) efektivitas antara penerapan Ice Breaking pada model pembelajaran Make A Match dan penerapan model pembelajaran Make A Match tanpa penerapan Ice Breaking dalam pembelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 4 Satu Atap Sampolawa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen semu. dimana populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Satu Atap Sampolawa yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 34 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah Kelas VIII. 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII. 2 sebagai eksperimen 2. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Teknik pengujian hipotesis menggunakan uji paired sample test dan independent sample test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Ice Breaking pada model pembelajaran Make A Match dan penerapan model pembelajaran Make A Match tanpa Ice Breaking dalam pembelajaran matematika pada materi pokok bahasan persamaan garis lurus keduanya sama-sama efektif. Secara deskriptif nilai rata-rata kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 berturut-turut adalah 64,50 dan 67,73. Berdasarkan hasil analisis perbandingan antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2, disimpulkan bahwa penerapan Ice Breaking pada model pembelajaran Make A Match tidak lebih efektif dari pada penerapan model pembelajaran Make A Match tanpa Ice Breaking. Hal ini terbukti berdasarkan hasil analisis data siswa yang menunjukkan bahwa nilai sebesar 0,916 dengan nilai signifikansinya p-value lebih besar dari taraf signifikansinya (0,373 > 0,05).
Unduhan
Referensi
Abdurahman. (2022). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Adobe Flash Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Banten: PT. Mediamata Digital Cendekia. Pascal Books. https://books.google.co.id/books?id=fmWKEAAAQBAJ
Aldi, G., Hadi Wijoyo, S., & Rokhmawati, R. I. (2022). Pengaruh Ice Breaking terhadap Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik SMK Negeri 3 Malang. 6(10), 4621–4629. http://j-ptiik.ub.ac.id
Alfitri, N. (2021). Pengaruh Teknik Pembelajaran Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Di Kelas IV MIS Al-Ikhlas Kisaran Tahun ajaran 2021/2022. (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara http://repository.uinsu.ac.id/14642/1/SKRIPSI%20AINUN%20NASUTION-.pdf. (15 Desember 2023).
Ayu Anggita Anggraeni, & Veryliana P., I. F. R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Matematika. Publikasi Pendidikan, 10(3), 223. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15159
Azis, A., & Dewangga, J. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Explicit Instruction dan Reward and Punishment ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 6, 1–9. https://doi.org/10.55340/japm.v6i1.189
Dimyati, & Mudjiono. (2015). Belajar dan pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Ekasari, R. (2020). Model Efektivitas Dana Desa untuk Menilai Kinerja Desa Melalui Pemberdayaan Ekonomi. Malang: PT Bumi Aksara. AE Publishing. https://books.google.co.id/books?id=rvXcDwAAQBAJ
Haryanto. (2021). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Dengan Two Stay Two Stray. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan Dan Penelitian Indonesia.
Huda, M. (2014). Model-model pengajaran dan pembelajaran . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Husamah, dkk. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Malang: Anggota IKAPI. https://books.google.co.id/books?id=F5xjDwAAQBAJ
Indra Jaya. (2019). Penerapan Statistik Untuk Penelitian. Jakarta: Prenada media Group
Jamaluddin, & Andi Hajar. (2022). Keterampilan Mengajar. Jawa Tengah: CV Pena Persada. https://books.google.co.id/books?id=DJGdEAAAQBAJ
Kulsum, U. (2023). Model Problem-Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar PKN Peserta Didik. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan dan Penelitian Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=v_C9EAAAQBAJ
Kurniawati, W., Wibawa, R., & Ikawati, H. D. (2023). MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI ICE BREAKING PADA MATA PELAJARAN IPA. Jurnal Cahaya Mandalika, 4(3), 91-97.
Kuswandi,N, D, M,. (2018). People Development Handbook. Jakarta: Hasfa Publishing. https://books.google.co.id/books?id=6KxaDwAAQBAJ
Munir, M. K., & Damopili. I,. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas VII SMP Yapis Manokwari.
Najakha, L. (2020). Pengaruh kegiatan Ice Breaking terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah putra-putri Simo Lamongan. (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/42067/1/Lailatun Najakha_D91216060.pdf .(16 Desember 2023)
Octavia, Shilphy A, (2020). Model-Model Pembelajaran. Sleman: Grup Penerbitan CV Budi Utama
Oemar Hamalik. (2011). Proses belajar mengajar (12th ed.). Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Oemar Hamalik. (2005). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Ponidi. (2021). Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Jawa Barat: CV. Adanu Abimata. https://books.google.co.id/books?id=tlYsEAAAQBAJ
Pratama, dkk. (2023). Belajar Anti Boring Inovasi Efektif. Jawa Barat: CV. Adanu Abimata. https://books.google.co.id/books?id=pOTPEAAAQBAJ
Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ramadhani, R. & Bina, S.N., (2021) Statistika Penelitian Pendidikan Analisis perhitungan Matematis dan Aplikasi SPSS. Jakarta: Kencana.
Rikin, M. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Kelas X Pada Materi Barisan dan Deret Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Make-A Match di SMKN 5 Kota Jambi Provinsi Jambi. Journal Education of Batanghari, 1(2), 20-34.
Abdurahman. (2022). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Adobe Flash Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Banten: PT. Mediamata Digital Cendekia. Pascal Books. https://books.google.co.id/books?id=fmWKEAAAQBAJ
Aldi, G., Hadi Wijoyo, S., & Rokhmawati, R. I. (2022). Pengaruh Ice Breaking terhadap Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik SMK Negeri 3 Malang. 6(10), 4621–4629. http://j-ptiik.ub.ac.id
Alfitri, N. (2021). Pengaruh Teknik Pembelajaran Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Di Kelas IV MIS Al-Ikhlas Kisaran Tahun ajaran 2021/2022. (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara http://repository.uinsu.ac.id/14642/1/SKRIPSI%20AINUN%20NASUTION-.pdf. (15 Desember 2023).
Ayu Anggita Anggraeni, & Veryliana P., I. F. R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Matematika. Publikasi Pendidikan, 10(3), 223. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15159
Azis, A., & Dewangga, J. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Explicit Instruction dan Reward and Punishment ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 6, 1–9. https://doi.org/10.55340/japm.v6i1.189
Dimyati, & Mudjiono. (2015). Belajar dan pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Ekasari, R. (2020). Model Efektivitas Dana Desa untuk Menilai Kinerja Desa Melalui Pemberdayaan Ekonomi. Malang: PT Bumi Aksara. AE Publishing. https://books.google.co.id/books?id=rvXcDwAAQBAJ
Haryanto. (2021). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Dengan Two Stay Two Stray. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan Dan Penelitian Indonesia.
Huda, M. (2014). Model-model pengajaran dan pembelajaran . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Husamah, dkk. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Malang: Anggota IKAPI. https://books.google.co.id/books?id=F5xjDwAAQBAJ
Indra Jaya. (2019). Penerapan Statistik Untuk Penelitian. Jakarta: Prenada media Group
Jamaluddin, & Andi Hajar. (2022). Keterampilan Mengajar. Jawa Tengah: CV Pena Persada. https://books.google.co.id/books?id=DJGdEAAAQBAJ
Kulsum, U. (2023). Model Problem-Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar PKN Peserta Didik. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan dan Penelitian Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=v_C9EAAAQBAJ
Kurniawati, W., Wibawa, R., & Ikawati, H. D. (2023). MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI ICE BREAKING PADA MATA PELAJARAN IPA. Jurnal Cahaya Mandalika, 4(3), 91-97.
Kuswandi,N, D, M,. (2018). People Development Handbook. Jakarta: Hasfa Publishing. https://books.google.co.id/books?id=6KxaDwAAQBAJ
Munir, M. K., & Damopili. I,. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas VII SMP Yapis Manokwari.
Najakha, L. (2020). Pengaruh kegiatan Ice Breaking terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah putra-putri Simo Lamongan. (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/42067/1/Lailatun Najakha_D91216060.pdf .(16 Desember 2023)
Octavia, Shilphy A, (2020). Model-Model Pembelajaran. Sleman: Grup Penerbitan CV Budi Utama
Oemar Hamalik. (2011). Proses belajar mengajar (12th ed.). Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Oemar Hamalik. (2005). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Ponidi. (2021). Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Jawa Barat: CV. Adanu Abimata. https://books.google.co.id/books?id=tlYsEAAAQBAJ
Pratama, dkk. (2023). Belajar Anti Boring Inovasi Efektif. Jawa Barat: CV. Adanu Abimata. https://books.google.co.id/books?id=pOTPEAAAQBAJ
Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ramadhani, R. & Bina, S.N., (2021) Statistika Penelitian Pendidikan Analisis perhitungan Matematis dan Aplikasi SPSS. Jakarta: Kencana.
Rikin, M. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Kelas X Pada Materi Barisan dan Deret Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Make-A Match di SMKN 5 Kota Jambi Provinsi Jambi. Journal Education of Batanghari, 1(2), 20-34.
Sahat Simbolon. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: CV Bintang Semesta Media.
Sawir, M. (2020). Birokrasi Pelayanan Publik Konsep, Teori, Dan Aplikasi. Sleman: CV Budi Utama. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=n5Oceaaaqbaj
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Belajar Proses belajar mengajar. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya, 2009.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R dan D. Bandung:Alfabet,2014.
Suhono. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Sistem Reproduksi Manusia. Surakarta: Unisri Press. https://books.google.co.id/books?id=M-qbEAAAQBAJ
Sukmajadi, B., & Elva Simanjuntak. (2021). Powerful Ice Breaking. Yogyakarta: Samudra Biru. (Anggota IKAPI). https://books.google.co.id/books?id=64V3EAAAQBAJ
Susanto, D., & dkk. (2023). Administrasi dan Supervisi Pendidikan Islam. Jambi: Salim Media Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=zAjWEAAAQBAJ
Trygu. (2021). Teori Motivasi Abraham H. Maslow dan Hubungannya dengan Minat Belajar Matematika Siswa. Jakarta: Guepedia. https://books.google.co.id/books?id=eKBKEAAAQBAJ
Ummu, dkk. (2022). Pengembangan pembelajaran matematika di SD untuk mahasiswa program studi Pendidikan guru sekolah dasar. Aceh: penerbit Muhammad Zaini Anggoata IKAPI.
Veryawan, (2022). Model pembelajaran make a match, konsep diri, dan kemampuan berhitung anak usia dini. Sumatera Barat: Penerbit Insan Cendekia Mandiri.
Wahyudin, U. R. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan (Pendekatan Prinsip Efisiensi, Efektivitas, Transparansi Dan Akuntabilitas). Yogyakarta: CV Budi Utama. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=q4Q8EAAAQBA
Wahyuni, H. (2022).Pengaruh Model TGT (Team Games Tournament) Berbantuan Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Matematika Di MIS Ikhgwanul Muslimin Kecamatan Percut Sei Tuan (Doctoral Dissertation. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan).
Abdurahman. (2022). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Adobe Flash Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Banten: PT. Mediamata Digital Cendekia. Pascal Books. https://books.google.co.id/books?id=fmWKEAAAQBAJ
Aldi, G., Hadi Wijoyo, S., & Rokhmawati, R. I. (2022). Pengaruh Ice Breaking terhadap Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik SMK Negeri 3 Malang. 6(10), 4621–4629. http://j-ptiik.ub.ac.id
Alfitri, N. (2021). Pengaruh Teknik Pembelajaran Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Di Kelas IV MIS Al-Ikhlas Kisaran Tahun ajaran 2021/2022. (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara http://repository.uinsu.ac.id/14642/1/SKRIPSI%20AINUN%20NASUTION-.pdf. (15 Desember 2023).
Ayu Anggita Anggraeni, & Veryliana P., I. F. R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Matematika. Publikasi Pendidikan, 10(3), 223. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15159
Azis, A., & Dewangga, J. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Explicit Instruction dan Reward and Punishment ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 6, 1–9. https://doi.org/10.55340/japm.v6i1.189
Dimyati, & Mudjiono. (2015). Belajar dan pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Ekasari, R. (2020). Model Efektivitas Dana Desa untuk Menilai Kinerja Desa Melalui Pemberdayaan Ekonomi. Malang: PT Bumi Aksara. AE Publishing. https://books.google.co.id/books?id=rvXcDwAAQBAJ
Haryanto. (2021). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Dengan Two Stay Two Stray. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan Dan Penelitian Indonesia.
Huda, M. (2014). Model-model pengajaran dan pembelajaran . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Husamah, dkk. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Malang: Anggota IKAPI. https://books.google.co.id/books?id=F5xjDwAAQBAJ
Indra Jaya. (2019). Penerapan Statistik Untuk Penelitian. Jakarta: Prenada media Group
Jamaluddin, & Andi Hajar. (2022). Keterampilan Mengajar. Jawa Tengah: CV Pena Persada. https://books.google.co.id/books?id=DJGdEAAAQBAJ
Kulsum, U. (2023). Model Problem-Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar PKN Peserta Didik. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan dan Penelitian Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=v_C9EAAAQBAJ
Kurniawati, W., Wibawa, R., & Ikawati, H. D. (2023). MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI ICE BREAKING PADA MATA PELAJARAN IPA. Jurnal Cahaya Mandalika, 4(3), 91-97.
Kuswandi,N, D, M,. (2018). People Development Handbook. Jakarta: Hasfa Publishing. https://books.google.co.id/books?id=6KxaDwAAQBAJ
Munir, M. K., & Damopili. I,. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas VII SMP Yapis Manokwari.
Najakha, L. (2020). Pengaruh kegiatan Ice Breaking terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah putra-putri Simo Lamongan. (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/42067/1/Lailatun Najakha_D91216060.pdf .(16 Desember 2023)
Octavia, Shilphy A, (2020). Model-Model Pembelajaran. Sleman: Grup Penerbitan CV Budi Utama
Oemar Hamalik. (2011). Proses belajar mengajar (12th ed.). Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Oemar Hamalik. (2005). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Ponidi. (2021). Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Jawa Barat: CV. Adanu Abimata. https://books.google.co.id/books?id=tlYsEAAAQBAJ
Pratama, dkk. (2023). Belajar Anti Boring Inovasi Efektif. Jawa Barat: CV. Adanu Abimata. https://books.google.co.id/books?id=pOTPEAAAQBAJ
Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ramadhani, R. & Bina, S.N., (2021) Statistika Penelitian Pendidikan Analisis perhitungan Matematis dan Aplikasi SPSS. Jakarta: Kencana.
Rikin, M. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Kelas X Pada Materi Barisan dan Deret Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Make-A Match di SMKN 5 Kota Jambi Provinsi Jambi. Journal Education of Batanghari, 1(2), 20-34.
Sahat Simbolon. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: CV Bintang Semesta Media.
Sawir, M. (2020). Birokrasi Pelayanan Publik Konsep, Teori, Dan Aplikasi. Sleman: CV Budi Utama. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=n5Oceaaaqbaj
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Belajar Proses belajar mengajar. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya, 2009.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R dan D. Bandung:Alfabet,2014.
Suhono. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Sistem Reproduksi Manusia. Surakarta: Unisri Press. https://books.google.co.id/books?id=M-qbEAAAQBAJ
Sukmajadi, B., & Elva Simanjuntak. (2021). Powerful Ice Breaking. Yogyakarta: Samudra Biru. (Anggota IKAPI). https://books.google.co.id/books?id=64V3EAAAQBAJ
Susanto, D., & dkk. (2023). Administrasi dan Supervisi Pendidikan Islam. Jambi: Salim Media Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=zAjWEAAAQBAJ
Trygu. (2021). Teori Motivasi Abraham H. Maslow dan Hubungannya dengan Minat Belajar Matematika Siswa. Jakarta: Guepedia. https://books.google.co.id/books?id=eKBKEAAAQBAJ
Ummu, dkk. (2022). Pengembangan pembelajaran matematika di SD untuk mahasiswa program studi Pendidikan guru sekolah dasar. Aceh: penerbit Muhammad Zaini Anggoata IKAPI.
Veryawan, (2022). Model pembelajaran make a match, konsep diri, dan kemampuan berhitung anak usia dini. Sumatera Barat: Penerbit Insan Cendekia Mandiri.
Wahyudin, U. R. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan (Pendekatan Prinsip Efisiensi, Efektivitas, Transparansi Dan Akuntabilitas). Yogyakarta: CV Budi Utama. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=q4Q8EAAAQBA
Wahyuni, H. (2022).Pengaruh Model TGT (Team Games Tournament) Berbantuan Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Matematika Di MIS Ikhgwanul Muslimin Kecamatan Percut Sei Tuan (Doctoral Dissertation. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan).
Widana, I. W., & Sumandya, I. W. PENGARUH PENERAPAN ICE BREAKING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI DI SMK WIRA HARAPAN. Indonesian Journal of Educational Development, 3(2).
Widoyoko, E, P,. (2014). Penelitian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Zaini, A., Puspita, A., & Nurmalasari, W. (2022). PENGARUH ICE BREAKING BERBASIS KEARIFAN LOKAL TEMBANG JAWA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SDN 4 PULE. Jurnal Math-UMB.EDU. https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v9i1.1966.
Zohriah, A. (2023). Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan dalam Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Kepustakaan. Jawa Barat: CV. Adanu Abimata. https://books.google.co.id/books?id=sxPAEAAAQBAJ