Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v8i1.696Kata Kunci:
model pembelajaran kooperatif tipe make a match, prestasi belajarAbstrak
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan prestasi belajar “Matematika Materi Pengukuran” pada siswa kelas VI SD Negeri 45 Buton ?, (2) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar “Matematika Materi Pengukuran” dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas VI SD Negeri 45 Buton ?. Sesuai dengan jenis penelitian yang dipilih, yaitu penelitian tindakan, maka penelitian ini menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Taggart yaitu berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus yang berikutnya. Setiap siklus meliputi planning (rencana), action (tindakan,), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Langkah pada siklus berikutnya adalah perencanaan yang sudah direvisi, tindakan, pengamatan dan refleksi. Sebelum masuk pada siklus I dilakukan tindakan pendahuluan yang berupa identifikasi permasalahan. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa ketuntasan belajar siklus I (54%), siklus II (74%) dan siklus III (94%). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan prestasi belajar “Matematika Materi Pengukuran” pada siswa kelas VI SD Negeri 45 Buton. (2) Peningkatan prestasi belajar “Matematika Materi Pengukuran” dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas VI SD Negeri 45 Buton, yaitu siklus I (54%), siklus II (74%) dan siklus III (94%).
Unduhan
Referensi
Suharsimi, Arkunto. 1987. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Bina Aksara.
Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning. Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT. Grasindo.
Muhibbin Syah. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mujiyanto, Paulus. 2005. Pendekatan Kontekstual, Modul Pembelajaran. Batang : BKD
Satrio, Adi. 2005. Kamus Ilmiyah Populer. Visi7.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya,Jakarta :Rineka Cipta
Slavin, 2003, Model-model pembelajaran Kooperatif, Jakarta: Grafindo Persada.
Sunarto. 2009. Pengertian Hasil Belajar, (Online)http://sunartombs.wordpress.com, diakses 1 April 2009