Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa Kelas XI MIA SMA

Penulis

  • Azis Azis Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Artati Iriana Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • La Sudin Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v8i1.697

Kata Kunci:

analisis kesalahan, soal-soal matematika, pemecahan masalah

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah matematika materi program linear. Metode dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Lasalimu Selatan Kecamatan Lasalimu Selatan Kabupaten Buton dengan populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 2 Lasalimu Selatan yang berjumlah 40 siswa dengan menggunakan metode deskriptif yang perhatian utamanya adalah hasil tes matematika siswa pada materi program linear. Berdasarkan hasil jawaban siswa kelas XI MIA SMA Negeri 2 Lasalimu Selatan yang telah dianalisis oleh peneliti dapat dilihat bahwa kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh 20 responden pada 5 nomor soal yaitu kesalahan konsep sebanyak 8 dengan persentase sekitar 8%, kesalahan prinsip sebanyak 35 dengan persentase sekitar 35%, dan kesalahan operasi sebanyak 35 dengan persentase sekitar 35%. Responden melakukan kesalahan konsep karena kurang memahami makna soal dalam menerjemahkan ke dalam kalimat matematika. Responden melakukan kesalahan prinsip karena tidak memahami aturan-aturan atau rumus yang akan digunakan.  Responden melakukan kesalahan operasi karena keliru dalam pengerjaan aljabar atau pengerjaan hitung. Oleh sebab itu, perlu menjadi perhatian guru mata pelajaran agar ditingkatkan lagi pemahaman siswa  mengenai pemahaman konsep, prinsip, dan operasi, khususnya materi program linear dengan menjelaskan kembali masalah-masalah yang tidak dimengerti siswa tersebut.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Azis Azis, Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Referensi

Ayarsha, R. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Matematika Berdasarkan Kriteria Watson [FITK UIN Jakarta]. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33681

Azis, A., & Sugiman, S. (2015). ANALISIS KESULITAN KOGNITIF DAN MASALAH AFEKTIF SISWA SMA DALAM BELAJAR MATEMATIKA MENGHADAPI UJIAN NASIONAL. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 162. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7331

Bell, F. H. (1979). Teaching and learning mathematics (in secondary schools). In W. C. Brown Co (p. 562). W. C. Brown Co.

Cooney, T. J., Davis, E. J., & Henderson, K. B. (1975). Dinamics of teaching secondary school mathematics. In Houghton Mifflin Company. Houghton Mifflin Company.

Istipham, H. (2012). Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Program Linier Pada Siswa Kelas XII IPA MAN Gerung Tahun Pelajaran 2011/2012. IAIN Mataram.

Nuroniah, M. (2013). Analisis Kesalahan Peserta Didik Kelas VIII SMP IT Bina Amal dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Pokok Lingkaran. UNNES.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-05-19

Cara Mengutip

Azis, A., Iriana, A., & Sudin, L. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa Kelas XI MIA SMA. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 8(1), 14-22. https://doi.org/10.55340/japm.v8i1.697

Terbitan

Bagian

Articles