Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Tanggung Jawab Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika di SMP
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v8i1.698Kata Kunci:
kinerja guru, tanggung jawab belajarAbstrak
Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja guru terhadap tanggung jawab belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 1 Siompu Barat. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Ex-Post Facto.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Siompu Barat yang berjumlah 84 siswa.Sedankan sampel dalam penelitian ini adalah 53% dari populasi atau sebanyak 45 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi.Variabel penelitian meliputi kinerja guru (indeoenden) dan tanggung jawab belajar (dependen).Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat, dengan analisis korelasi dan regresi sederhana.Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi.Berdasarkan dari hasil analisis data dan taksiran regresi sederhana penilaian kinerja guru (X) terhadap tanggung jawab belajar (Y) menghasilkan nilai signifikansi pada 0,018 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kinerja guru (variabel bebas) terhadap tanggung jawab belajar (variabelterikat) Hasil output SPSS juga menghasilkan adalah 0,123. Hal ini menunjukan bahwa besarnya pengaruh kinerja guru terhadap tanggugjawab belajar adalah sebanyak 12,3%. Sesuai persamaan perumusan analisis regresi sederhana adalah Y = 133,339 + 0,316X terlihatvariabel kinerja guru ditingkat 1% lebih baik lagi maka tanggung jawab belajar siswa akan bertambah sebesar 0,316. Dengandemikian, Berdasarkan keputusan hipotesis yang dapat diambil yaitu ada pengaruh yang signifikan kinerja guru terhadap tanggung jawab belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 1 Siompu Barat.
Unduhan
Referensi
Anwar, Rahimu WOSO. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Visual pada Mata Pelajaran Matematika Terhadap Presatasi Belajar Siswa. Akad Pendidik Mat. 2021;7:50-57.
Ahmadi R. Pengantar Pendidikan Asas & Filsafat Pendidikan. (Hidayah N, ed.). AR-RUZZ MEDIA; 2017.
Sardin, Basi N La. Pengaruh Strategi Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VII SMP Negeri 15 Baubau. J Akad Pendidik Mat. 2021;7(1):36-43.
Alimaun I. Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Se-Daerah Binaan R.A. Kartini Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo. Published online 2015.
Rasmuin, Syah S. Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Higher Order Thingking Skill (HOTS) pada Siswa SMP. J Akad Pendidik Mat. 2021;7(1):72-80.
Musmin. Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Baubau. Published online 2020.
Priyatno D. SPSS 22 Pengolah Data Terpraktis. 978th ed. (Prabawati TA, ed.). C. V ANDI OFFSET; 2014.