Tingkat Kesulitan Soal Buatan Guru Bidang Studi Matematika Menurut Teori Tes Klasik pada Tingkat SMP di Kota Baubau
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v8i1.699Kata Kunci:
tingkat kesulitan, soal buatan guru, teori tes klasikAbstrak
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan tingkat kesulitan soal buatan guru bidang studi matematika menurut teori tes klasik pada tingkat SMP di Kota Baubau. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada 7 (tujuh) SMP Negeri di Kota Baubau, dengan subjek penelitian adalah seluruh paket tes pilihan ganda yang dibuat oleh guru untuk kegiatan Ulangan Akhir Semester (UAS) genap bidang studi matematika siswa kelas VIII tahun ajaran 2020/2021. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa tingkat kesulitan soal tes UAS genap tahun ajaran 2020/2021 buatan guru bidang studi matematika menurut teori tes klasik pada 7 (tujuh) SMP Negeri di Kota Baubau, yaitu SMP Negeri 2 Baubau terdapat 37,5% kategori sangat sukar, 5% kategori sukar, dan 57,5% kategori sedang, dengan rerata sebesar 0,287. SMP Negeri 4 Baubau terdapat 15% kategori sukar, 80% kategori sedang, dan 5% kategori mudah, dengan rerata sebesar 0,458. SMP Negeri 6 Baubau terdapat 65% kategori sukar dan 35% kategori sedang dengan rerata sebesar 0,283. SMP Negeri 8 Baubau terdapat 48% kategori sukar dan 52% kategori sedang dengan rerata sebesar 0,269. SMP Negeri 10 Baubau terdapat 50% kategori sukar dan 50% kategori sedang, dengan rerata sebesar 0,341. SMP Negeri 16 Baubau terdapat 6,7% kategori sangat sukar, 60% kategori sukar, dan 33,3% kategori sedang, dengan rerata sebesar 0,283. SMP Negeri 18 Baubau terdapat 14,3% kategori sukar, 14,3% kategori sedang, dan 71,4% kategori mudah, dengan rerata sebesar 0,703.
Unduhan
Referensi
Anas, S. (2005). Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada.
Azis, A., & Nurlita, M. (2017). Analisis Kualitas Tes Try Out Ujian Nasional Tingkat SMP Se-Kota Baubau Buatan Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 3(1).
Daryanto. (2010). Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta.
Noer, S. H. (2019). Desan Pembelajaran Matematika untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Edisi 2. Graha Ilmu.
Purwanto. (2014). Evaluasi Hasi Belajar. Pustaka Pelajar.
Rasmuin, R., & Fiana, F. (2019). Pengaruh Sarana dan Prasarana Belajar di Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP di Kecamatan Wangi-Wangi. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5(2), 124–130.
Sundayana, R. (2014). Statistik Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Ugi, L. E., & Ernawati, J. (2020). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 3 Baubau. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 6(1), 53–55.
Widoyoko, E. P. (2014). Peniaian Hasi Pembelajaran di Sekolah. Pustaka Pelajar.
Yusuf, M. (2017). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan Pilar Penyedia Iformasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. Kencana.