Efektivitas Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v8i1.706Kata Kunci:
efektivitas model pembelajaran, missouri mathematics project, peningkatan prestasi belajarAbstrak
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain penelitian Pretes-Posttest Control Grup Design. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 8 Baubau. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Baubau pada tahun ajaran 2021/2022. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik simpel random sampling yaitu kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan essay test, dengan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis inferensial dengan menguji normalitas data ditemukan nilai signifikan prestasi belajar matematika siswa pada kelas eksperimen 0,2 dan kelas kontrol 0,079 sedangkan pada uji homogenitas menunjukan nilai prestasi belajar siswa pada kelas adalah 0,178. Sehingga dapat dikatakan kedua kelas tersebut berdistribusi normal dan homogen. Kemudian dengan menggunakan uji-t diketahui thitung = 10,230 dan signifikan pada = 0,000 < 0,05, dengan demikian H0 ditolak. Sehingga model pembelajaran Missuri Mathematics Project (MMP) efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.
Unduhan
Referensi
Argaswari, D. P. A. D. (2018). Integrasi Sejarah Matematika untuk Meningkatkan Atensi Siswa. Indonesian Journal of Mathe_matics Education, 1(1), 59. https://doi.org/10.31002/ijome.v1i1.950
Efuansyah, & Wahyuni, R. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Berbasis Model Missouri Mathematics Project Menggunakan Strategi Think Talk Write. JOURNAL of MATHEMATICS SCIENCE and EDUCATION, 1(1). https://doi.org/10.31540/jmse.v1i1.156
Febriani, A. (2017). Eefektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 5 E Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Batauga Kabupaten Buton Selatan. Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau.
Hergenhann, B. R. & Olson, M. H. (2008). Theories Of Learning (Teori Belajar). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Hikmah, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics project (MMP) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Orphanet Journal of Rare Diseases.
Rahyubi, H. (2012). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik Deskripsi dan Tinjauan Kritis. Bandung: Nusa Media.
Rivai, M. A., & Surya, E. (2017). Analisis Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 20–31.
Sardin, S., & Rajab, R. (2017). Meningkatkan hasil belajar matematika melalui pendekatan pemecahan masalah pada siswa kelas V SD Negeri 2 Bone-Bone Kota Baubau pada pokok bahasan FPB dan KPK. Jp3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 3(1), 51–62.
Srinita, Y. 2013. “Dasar-Dasar Pendidikan MIPA ‘Teori Belajar Menurut Bruner.’” 2(3): 15
Sundayana, R. (2014). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Garut: Alfabeta.
Tinda, E. M. dkk. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. Journal of Mathematics Science and Education, 2(1), 36–45. https://doi.org/10.31540/jmse.v2i1.581
Wiradintana, R. (2018). Revolusi Kognitif Melalui Penerapan Pembelajaran Teori Bruner Dalam Menyempurnakan Pendekatan Perilaku (Behavioural Approach). Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 47. https://doi.org/10.23969/oikos.v2i1.919