Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Ditinjau dari Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v8i1.707Kata Kunci:
model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, motivasi belajarAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw ditinjau dari motivasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Batauga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Batauga semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 39 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil seluruh siswa kelas VII yaitu kelas VII.A sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan kelas VII.B Sebagai kelas kontrol yang di ajarkan dengan menggunakan model pembelajaran yang biasa digunakan di sekolah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Hasil penelitian diperoleh bahwa berdasarkan hasil analisis deskriptif nilai rata-rata peningkatan hasil angket motivasi belajar matematika siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut 18,85 dan 10,74. Berdasarkan analisis inferensial menjelaskan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Data motivasi belajar selanjutnya di uji dengan independent sampel test. Hasil uji independent sampel test motivasi belajar yang di ajar dengan metode pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw menunjukkan nilai sig. 0,004 < 0,05 yang berarti H0 ditolak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw efektif ditinjau dari motivasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Batauga.
Unduhan
Referensi
Arikunto, S. 1984. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara. 25.
Astika, N., and N. A. Nyoman. 2013. “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A-Match Terhadap Hasil Belajar Siswa.”
Nugraha, M. 2018. “Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi, 4(1), 27-44.”
Purnomo, Puji, and Maria Sekar Palupi. 2016. “Pengembangan Tes Hasil Belajar Matematika Materi Menyelesaikan Masalah Yang Berkaitan Dengan Waktu, Jarak Dan Kecepatan Untuk Siswa Kelas V.” Jurnal Penelitian 20(2):151–57.
Virgana, V., dkk. 2019. “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Dan Motivasi Terhadap Pemahaman Konsep Matematika.” JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 95., 96.