Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD

Penulis

  • Anwar Anwar Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Sutisna Sutisna Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v8i1.708

Kata Kunci:

problem solving, prestasi belajar matematika

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Problem Solving terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi pecahan di kelas V SD Negeri Palea. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi eksperimen, dengan menerapkan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Palea tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 30 orang siswa yang terdiri dari 2 kelas yang sekaligus digunakan sebagai sampel dengan menggunakan teknik  sampling jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan angket. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa berdasarkan hasil analisis deskriptif nilai rata-rata pretest hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen sebesar 34,66; nilai ra  ta-rata postest hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen sebesar 62,33. Nilai rata-rata pretest hasil belajar matematika siswa pada kelas kontrol sebesar 29,00; nilai rata-rata postest hasil belajar siswa pada kelas kontrol sebesar 45,33. Selain itu nilai rata-rata angket pada kelas eksperimen sebesar 53,53; nilai rata-rata angket pada kelas kontrol sebesar 48,66. Berdasarkan hasil uji statistik inferensial dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat  pengaruh metode pembelajaran Problem Solving terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi pecahan di kelas V SD Negeri Palea.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anonim. (2007). Pengelolaan Laboratorium Fisika Sekolah Menengah Atas. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah; Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Hamiyah, N., & Jauhar, M. (2014). Strategi Belajar Mengajar di Kelas. Jakarta Prestasi Pustakaraya.

Heruman, (2007). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Maghfiroh, N. (2010). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Metode Quantum Teaching pada Pelajaran PKn pada Siswa Kelas IV SD Negeri Talang III Sumenep Tahun 2010/2011. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Purwanto, E. (1999). Desain Teks untuk Belajar “problem solving”. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial nomor 2 tahun 1999.

Rofiati, D. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Belajar Matematika Melalui Metode Demonstrasi Pada Materi Pokok Bangun Data. Jurnal Analisa.

Sa’dijah, C. (1998). Pendidikan Matematika Malang. Depdikbud Dirjen Dikti Proyek PGSD 1998/1999.

Saputra, R., & Usa, S. L. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Negeri 43 Buton. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, Volume 6, Nomor 2, hal. 110–114.

Sumadi Suryabrata. (1998). Metodologi Penelitian, Jakarta: Raja Grafindo Persada

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-05-20

Cara Mengutip

Anwar, A., & Sutisna, S. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 8(1), 71-78. https://doi.org/10.55340/japm.v8i1.708

Terbitan

Bagian

Articles