Pengaruh Penerapan model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP

Penulis

  • Rasyid Izgar Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Rismayani Armin Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v8i1.709

Kata Kunci:

penerapan model pembelajaran problem based learning, hasil belajar siswa

Abstrak

Tujuan penelian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Bassed Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Siompu Barat semester 1 tahun pelajaran 2021/2022. Pengumpulan data penelian ini dilakukan dengan menggunakan instrument penelitian dalam bentuk tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Hasil pretest menunjukan skor rata-rata hasil belajar matematika siswa adalah 22,23 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 8,431. (2) Hasil Posttest menunjukan skor rata-rata hasil belajar matematika siswa adalah 86,47 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 7,487. Berdasarkan presentasi aktivitas siswa selama pembelajaran dapat disimpulkan bahwa aktivitas siswa berada pada kategori sangat aktif dengan skor rata-rata 93.11% dan respon siswa terhadap model pembelajaran Problem Based Learning berada pada kategori positif dengan presentasi skor rata-rata 82,1%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Siompu Barat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amir, Tan. (2019). Karakteristik Proses Pembelajaran Berbasis Masalah. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya

Cendriang. (2019). Pengaruh Penerapan Kombinasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii A Smp Negeri 2 Barombong. Skiripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Fina (2018) Identifikasi tahap berpikirk reatif peserta didik menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan tugas pengajuan masalah matematika pada materi sistem persamaan linear tiga variabel di kelas X SMA Negeri 1 Wolowa. Skiripsi . Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau.

Juanda, R. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Gugus Wijayakusuma Ngaliyan Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT Refika Aditama, 2(3).

Kamila. (2015). Efektifitas penerapan model pembelajaran inquiry seting kooperatif dengan pendekatan pemecahan masalah pada materi segi empat peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Palopo. Tesis tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM

Sumantri, M. S. (2015). Strategi pembelajaran teori dan praktik di tingkat pendidikan dasar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sumantri, Mohamad Syarif. (2015). Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Zamaluddin, (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Baubau. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-05-27

Cara Mengutip

Izgar, R., & Armin, R. (2022). Pengaruh Penerapan model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 8(1), 79-88. https://doi.org/10.55340/japm.v8i1.709

Terbitan

Bagian

Articles