PENGARUH MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI DI SMK 3 BAUBAU
Keywords:
mata pelajaran, kewirausahaan, minat kewirausahaanAbstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh mata pelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI di SMK Negeri 3 Baubau. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh mata pelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI di SMK Negeri 3 Baubau.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 60 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jumlah 60 siswa. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket/kuesioner dan observasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reabilitas, regresi linear sederhana, uji (t) dan uji determinasi sederhana.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha di SMK Negeri 3 Baubau sebesar 70,8%. Hal ini ditunjukan melalui persamaan regresi Y=16,311+0,728X. Bentuk regresi ini bermakna jika mata pelajaran kewirausahaan bernilai 0 maka minat sebesar 0,728. Sementara, koefisien regresi X sebesar 0,728 menyatakan bahwa setiap penambahan 1 nilai , maka nilai pengaruh pembelajaran bertambah sebesar 0,728. Sementara, nilai koefisieun korelasi r2 = 0,708 serta nilai koefisien determinasi r2 =0,708 atau 70,8%. Kaitannya dengan keputusan minat berwirausaha memiliki 29,2% faktor lain yang mempengaruhi minat berwirausaha seperti: lingkungan keluarga, penghasilan yang menejanjikan, dan kreativitas
Downloads
References
Arrighetti, A., Caricati, L., Landini, F., & Monacelli, N. (2016). Entrepreneurial Intention In The Time Crisis: A Acs, Z. J., Szreb, L., & Llyod, A. (2018). Global Entrepreneurship Index. (n.d.).
Agustina Permatasai (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. (n.d.).
Ahmadi, H. A., & Uhbiyati, N. (2015). Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta. (n.d.).
Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behaviour. Organizational Behaviour and Human Decision Processes 50 , 179-211. (n.d.).
Aloulou, W. J. (2016). Predicting entrepreneurial intentions of freshmen students from EAO modeling and personal. Journal of Entrepreneurship in Emerging Economies Vol. 8 No. 2, 1-25. (n.d.).
Anggraeni, B., & Harnanik. (2015). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMK Islam Nusantara Comal Kabupaten Pemalang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 42-52. (n.d.).
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta. (n.d.).
Field study. International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research Vol. 22 No. 6, 835-859. (n.d.).
Bosma, N., & Kelley, D. (2019). Global Entrepreneurship Monitor 2018/2019 Global Report. (n.d.).
Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. (2013). Kewirausahaan: Modul Pembelajaran. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (n.d.).
Ermawati, N., Soesilowati, E., & Prasetyo, P. (2017). Pengaruh Need for Achievement dan Locus of Control terhadap Intensi Berwirausaha Melalui Sikap Siswa Kelas XII SMK Negeri se Kota Semarang. Jurnal of Economic Education Vol. 6 No. 1, 66—74. (n.d.).
Eman Suherman, (2010). Desain Pembelajaran Kewirausahaan, Alfabeta, Bandung. (n.d.)
Fanny Paramitasari (2016). Pengaruh Motivasi Berwirausaha dan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI KompetensiKeahlian Administrasi Perkantoran SMK N 1 Bantul. (n.d.).
Ferreira, J. J., Fernandes, C., & Ratten, V. (2018). The influence of entrepreneurship education on entrepreneurial intentions. ResearchGate, 1-12. (n.d.).
Hisrich, R. D., Peters, M., & Shepherd, D. (2017). Entrepreneurship Tenth Edition. United State of America: McGraw-Hill Education. (n.d.).
Hurlock, E. B. (2010). Perkembangan Anak Jilid 2 Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga. (n.d.).
Indrawati (2015). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis. Bandung: PT Refika Aditama. (n.d.).
Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. (n.d.).
Koranti, K. (2013). Analisis Pengaruh Faktor Eksternal dan Internal Terhadap Minat Berwirausaha. Proceeding Pesat (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur & Teknik Sipil) Vol. 5 (pp. E1-E8). Bandung: Fakultas Ekonomi, Jurusan Manajemen, Universitas Gunadarma. (n.d.).
Melyana, I. P., Rusdarti, & Pujiati, A. (2015). Pengaruh Sikap dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Kesiapan Berwirausaha Melalui Self Efficacy. Journal of Economic Education Vol. 4 No. 1, 8-13. (n.d.).
Ormrod, J. E. (2009). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang Jilid 2 Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga. (n.d.).
Prawira, P. A. (2017). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru edisi 2. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. (n.d.).
Primus, J., & Wahyu, D. (2018). Apa Jadinya Indonesia Tanpa Wirausaha. (n.d.).