EVALUASI KUALITAS MENGAJAR GURU IPS DI TINJAU DARI PERSPEKTIF SISWA STUDI KASUS SMP NEGERI 3 BATUATAS KABUPATEN BUTON SELATAN
Keywords:
Kualitas Mengajar, Guru IPS, Perspektif SiswaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kualitas mengajar guru IPS di SMP Negeri 3 Batuatas Kabupaten Buton Selatan dari perspektif siswa? (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kualitas mengajar guru IPS di SMP Negeri 3 Batuatas Kabupaten Buton Selatan? (3) Untuk mengetahui upaya meningkatkan kualitas mengajar guru IPS di SMP Negeri 3 Batuatas Kabupaten Buton Selatan dapat dilakukan?. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan observasi dalam penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Batuatas Kabupaten Buton Selatan, oleh guru kepada siswa, setelah itu, kegiatan dilaksanakan secara bersamaan dengan pengumpulan data melalui teknik wawancara dan proses dokumentasi. Langkah-langkah analisis data yang ditempuh dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) Hasil evaluasi kualitas mengajar guru IPS di tinjau dari perspektif siswa di SMP Negeri 3 Batuatas Kabupaten Buton Selatan adalah Baik Sekali; (2) Faktor yang mempengaruhi kualitas guru di SMP Negeri 3 Batuatas yakni Guru IPS di SMP Negeri 3 Batuatas telah menunjukkan komitmen dalam persiapan materi dan keterbukaan dalam menjelaskan tujuan pembelajaran di awal pelajaran. Mereka telah menggunakan metode pembelajaran beragam untuk menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan menarik, memfasilitasi pemahaman siswa dan menjaga minat mereka. Guru juga mendorong partisipasi aktif siswa melalui diskusi dan interaksi, sambil terus mengembangkan penggunaan media pembelajaran seperti gambar dan peta untuk memperkaya pengalaman belajar. (3) Beberapa upaya yang telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas mengajar guru IPS di SMP Negeri 3 Batuatas, Kabupaten Buton Selatan yakni, peningkatan kualitas pengajaran IPS dilakukan melalui pelatihan rutin untuk guru, kolaborasi antar guru IPS dari berbagai sekolah, program mentoring, evaluasi kinerja berkelanjutan, keterlibatan orang tua, dan pengembangan materi ajar yang relevan dengan konteks lokal dan kehidupan siswa.
Downloads
References
Bandura, Albert. 1997. Self-Efficacy: The Exercise of Control. Macmillan.
Banks, James A., and Cherry A. McGee Banks. 2019. Multicultural Education: Issues and Perspectives. John Wiley & Sons.
Black, Paul, and Dylan Wiliam. 2009. “Developing the Theory of Formative Assessment.” Educational Assessment, Evaluation and Accountability (Formerly: Journal of Personnel Evaluation in Education) 21:5–31.
Black, Paul, and Dylan Wiliam. 2010. “Inside the Black Box: Raising Standards through Classroom Assessment.” Phi Delta Kappan 92(1):81–90.
Carr, David. 2006. “Professional and Personal Values and Virtues in Education and Teaching.” Oxford Review of Education 32(02):171–83.
Crooks, Terence J. 1988. “The Impact of Classroom Evaluation Practices on Students.” Review of Educational Research 58(4):438–81.
Darling-Hammond, Linda., Maria. E. Hyler, and Madelyn Gardner. 2017. Effective Teacher Professional Development. Palo Alto.
Ennis, Robert H. 1987. “A Taxonomy of Critical Thinking Dispositions and Abilities.”
Fullan, Michael. 2015. The New Meaning of Educational Change. Teachers college press.
Hamalik, Oemar. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamre, Bridget K., and Robert C. Pianta. 2001. “Early Teacher--Child Relationships and the Trajectory of Children’s School Outcomes through Eighth Grade.” Child Development 72(2):625–38.
Hattie, John. 2003. “Teachers Mak Eachers Make a Diff e a Difference, What Is the r Ence, What Is the Research Evidence? Vidence?” Australian Council for Educational Research.
Hattie, John. 2008. Visible Learning: A Synthesis of over 800 Meta-Analyses Relating to Achievement. routledge.
Heinich, R. 2002. Instructional Media and Technologies for Learning. Merrill.
Kawuryan, Sekar Purbarini, Suminto A. Sayuti, Siti Irene Astuti Dwiningrum, and others. 2021. “Teachers Quality and Educational Equality Achievements in Indonesia.” International Journal of Instruction 14(2):811–30.
Kirkpatrick, Donald L. 1998. “The Four Levels of Evaluation BT - Evaluating Corporate Training: Models and Issues.” Pp. 95–112 in, edited by S. M. Brown and C. J. Seidner. Dordrecht: Springer Netherlands.
Kyriacou, Chris. 2001. “Teacher Stress: Directions for Future Research.” Educational Review 53(1):27–35. doi: 10.1080/00131910120033628.
Marzano, Robert J. 2007. “The Art and Science of Teaching: A Comprehensive Framework for Effective Instruction.”
Marzano, Robert J., Debra Pickering, and Jane E. Pollock. 2001. Classroom Instruction That Works: Research-Based Strategies for Increasing Student Achievement. Ascd.
Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Piaget, Jean. 1976. “Piaget’s Theory BT - Piaget and His School: A Reader in Developmental Psychology.” Pp. 11–23 in, edited by B. Inhelder, H. H. Chipman, and C. Zwingmann. Berlin, Heidelberg: Springer Berlin Heidelberg.
Rivai, Ahmad, and Nana Sudjana. 2013. Media Pengajaran (Penggunaan Dan Pembuatannya).
Shadreck, Mandina, and Mambanda Isaac. 2012. “Science Teacher Quality and Effectiveness: Gweru Urban Junior Secondary School Students’ Points of View.” Asian Social Science 8(8):160–65.
Sudjana, Nana. 2010. “Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.”
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Suparman. 2010. Gaya Mengajar Yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.
Tomlinson, Carol Ann. 2000. “Reconcilable Differences: Standards-Based Teaching and Differentiation.” Educational Leadership 58(1):6–13.
Vygotsky, Lev Semenovich, and Michael Cole. 1978. Mind in Society: Development of Higher Psychological Processes. Harvard university press.
Wispe, Lauren G. 1951. “Evaluating Section Teaching Methods in the Introductory Course.” The Journal of Educational Research 45(3):161–86. doi: 10.1080/00220671.1951.10881934.
Zeichner, Kenneth M., and Daniel P. Liston. 2013. Reflective Teaching: An Introduction. Routledge.