PENGARUH KOMUNIKASI KELUARGA TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA SMA NEGERI 4 BAUBAU

Authors

  • Sardiana

Keywords:

Komunikasi, Keluarga, Kreatifitas, Belajar

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini :1) seberapa besar hubungan komunikasi keluarga terhadap kreativitas belajar siswa SMA Negeri 4 baubau; 2) seberapa besar pengaruh komunikasi keluarga terhadap kreativitas belajar siswa SMA Negeri 4 Baubau dan seberapa besar pengaruh komunikasih keluarga dengan kreativitas belajar siswa SMA Negeri 4 Baubau.

Jenis penelitian yang digunakan dalam peneltian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 276 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik proportional stratified random sampling dengan jumlah sampel 55 siswa. Instrument dan tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dan dokumentasi.

Hasil penelitian dapat ditujukan bahwa: 1) berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh persamaan pengaruh Komunikasi Keluarga terhadap Kreativitas Belajar Siswa SMA Negeri 4 Baubau Yaitu Y = 58,960 + 0,292X; 2) berdasarkan hasil perhitungan rumus korelasi product moment, terdapat hasil hubungan Komunikasi Keluarga terhadap Kreativitas Belajar Siswa SMA Negeri 4 Baubau. Dari hasil perhitungan didapatkan nilai rxy = 0,269. Hal ini menunjukan bahwa pengaruh positif dalam komunikasi keluarga terhadap kreativitas belajar siswa mempunyai hubungan yang rendah antara komunikasi keluarga terhadap kreativitas belajar siswa sebesar 0,269; 3) besarnya kontribusi hubungan komunikasi keluarga terhadap kreativitas belajar siswa ditunjukan dengan hasil koefisien determinasi (penentu) sebesar 7,3%. Hasil menunjukan bahwa kreativitas sebesar 7,3% dipengaruhi oleh komunikasi keluarga dan sisanya sebesar 92,7% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.Supratiknya, 1995.Komunikasi Antar Pribadi.Yogyakarta : PT. Kanisius

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta : Rineka Cipta

Cangara, Hafied. 2002. Pengantar Ilmu Komunikasi.Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Departemen Pendidikan Nasional.2003.Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta : Balai Pustaka

Gordon, Thomas. 1991. Menjadi Orang Tua Efektif, Petunjuk Terbaru Mendidik Anak Yang Bertanggung Jawab.Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Hurlock, Elizabeth B. 1999. Psikologi Perkembangan. Terjemahan Istiwidiyanti. Jakarta : Erlamgga.

Liliweri, Alo. 1997. Komunikasi Antarpribadi. Bandung : PT. Citra Aditya Bakti.

Mulyana, Deddy, 2005. Nuansa-nuansa Komunikasi, Bandung : Remaja Rosdakary

Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Munandar, Utama. 1992. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah, Pentunjuk Bagi Para Guru dan Orang Tua.Jakarta : PT. Grasindo.1999. Kreativitas dan keberbakatan.Jakarta : Gramedia.

Shochib, Moh. 1998. Pola Asuh Orang Tua.Jakarta : PT. Rineka Cipta Slameto, 2003.Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta : Rineka Cipta.

Sudjana, 1996.Metode Statiska.Bandung Penerbit Tarsito Wiharjo, Sihadi Darmo. 2001. Kreativitas. Jakarta : Grasindo.

Downloads

Published

2022-09-09