FAKTOR PENYEBAB ANAK PUTUS SEKOLAH PADA MASYARAKAT SUKU BAJO DESA LAMANGGAU KECAMATAN TOMIA KABUPATEN WAKATOBI

Authors

  • Jamal Adri FKIP Unidayan
  • la sariade Universitas Dayanu Iksanuddin

Keywords:

anak putus sekolah, masyarakat, bajo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana respon masyarakat bajo terhadap pendidikan di Desa Lamanggau Kecamatan Tomia Kabupaten Wakatobi dan untuk mengetahui bagaimana partisipasi masyarakat bajo terhadap dunia pendidikan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode depskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara Reduksi data, Penyajian data dan Penarikan Kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara argumentasi mayoritas masyarakat bajo merespon baik pendidikan, Namun dengan rendahnya pendapatan dan pengaruh pergaulan sehingga mempengaruhi angka partisipasi anak-anak masyarakat bajo dalam dunia pendidikan, tentu berbanding terbalik dengan pandangannya terhadap dunia pendidikan yang menganggap pendidikan itu penting bagi anak-anak. Namun secara aktualisasinya masih jauh dari harapan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gino. (2003). Mengurai Benang Kusut Persoalan Pendidikan. Lembaga Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan (LP3).

Hasbullah. (2009). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. PT Raja Grafondo persada.

Mahfud, K. (2011). Pendidikan Multi Kultural. Pustaka Belajar.

Scriven, M. (1994). Evaluation as a discipline. Studies in Educational Evaluation, 20(1), 147–166. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED214952.pdf

Downloads

Published

2024-05-30