PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS DAYANU IKHSANUDDIN BAUBAU

Authors

  • Jamal Adri FKIP Unidayan
  • la sariade Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Wa ode Minarwati Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Keywords:

Intensitas Penggunaan Media Sosial, Perilaku Konsumtif

Abstract

Tujuan  dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh intensitas penggunaan media sosial terhadap perilaku konsumtif mahasiswa program studi pendidikan ekonomi Universitas Dayanu Ikhsanuddin (Unidayan) Baubau. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan ekonomi Universitas Dayanu Ikhsanuddin (Unidayan) Baubau yang berjumlah 37 mahasiswa. Sampel diambil menggunakan teknik sampling jenuh dengan jumlah 37 mahasiswa. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket/kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, regresi linear sederhana, uji (t), uji determinasi, dan korelasi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pengaruh intensitas penggunaan media sosial terhadap perilaku konsumtif mahasiswa program studi pendidikan ekonomi Universitas Dayanu Ikhsanuddin (Unidayan) Baubau sebesar 5,8%. Hal ini dibuktikan dengan persamaan Y = 17.818 + 0,242X artinya nilai konstanta adalah 17.818 yaitu jika intensitas penggunaan media sosial bernilai 0 maka perilaku konsumtif bernilai 17.818, ini berarti bahwa setiap peningkatan intensitas penggunaan media sosial sebesar 1 maka perilaku konsumtif akan meningkat 0,242. Sementara nilai koefisien korelasi (r) = 0,242 dengan intensitas penggunaan media sosial dan perilaku konsumtif memiliki korelasi dengan derajat hubungan yaitu lemah. Dengan nilai signifikansi 0,149 > 0,05 (tidak berkorelasi), dan koefisien determinasi R2 = 0,058 atau 5,8% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardianto, E. (2007). Komunikasi massa suatu pengantar (edisi revisi). Simbiosa Rekatama Media.

Gino. (2003). Mengurai Benang Kusut Persoalan Pendidikan. Lembaga Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan (LP3).

Lubis, A. Y. (1997). Perilaku Konsumtif Remaja. IKIP Semarang Press.

Mahfud, K. (2011). Pendidikan Multi Kultural. Pustaka Belajar.

Rahmawati, H. N., Iqomh, M. K. B., & Hermanto, H. (2019). Hubungan durasi penggunaan media sosial dengan motivasi belajar remaja. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(2), 77–81.

Scriven, M. (1994). Evaluation as a discipline. Studies in Educational Evaluation, 20(1), 147–166. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED214952.pdf

Steven, W. (1979). Uses and Gratifications Approach to Communication. CA: Sage Publications.

Triyaningsih, S. L. (2011). Dampak online marketing melalui facebook terhadap perilaku konsumtif masyarakat. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 11(2).

Widyaningrum, S., Puspitadewi, N. W. S., & others. (2016). Perbedaan perilaku konsumtif ditinjau dari tipe kepribadian pada siswa sekolah menengah atas. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 6(2), 102–106.

Downloads

Published

2024-12-14

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>