HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA INTERNET TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS 2 DI SMA NEGERI 3 BAUBAU
Keywords:
Media, Internet, Hasil BelajarAbstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara pengguna media internet terhadap hasil belajar Ekonomi siswa XI IPS. 2 di SMA Negeri 3 Baubau. Tujuan yang dilakukan dalam penelitian ini agar mengetahui hubungan antara penggunaan media internet terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS. 2 di SMA Negeri 3 Baubau.. Adapun manfaatnya ada dua yaitu, Teoritis dan Praktis. Dimana manfaat teoritis dari hasil penelitian diharapkan dapat memberikan sumbangan pikiran terhadap perkembangan ilmu pendidikan khususnya kemampuan menggunakan media internet terhahad hasil belaja siswa sedangkan Paraktis sebagai informasi kepada guru ekonomi khususnya tentang pentingnya internet dalam pembelajaran ekonomi kepada siswa, Serta dapat dijadikan sebaga bahan pertoimbangan peningkatan kualitas pembelajaran, Metode pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Adapun Populasi yang akan dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini sebagai responden adalah keseluruhan siswa kelas XI IPS. 2 yang berjumlah 22 siswa Kelas XI IPS 2 di SMA Negri 3 Baubau. 2. Adapun cara pengambilan data yang dilakukan yaitu pengamatani, angket dan pencatatan. Adapun Variabel yang akan digunakan dalam penelitian ini dua variabel X yaitu dimana variabel X merupakan variabel Independent (bebas) sedangkan variabel Y yaitu merupakan dependent ( terikat.)
Sesuai hasil kesimpulan menunjukan bahwa perhitungan koefisien korelasi (r) hitung sebesar 0,992. Artinya korelasi bertanda positif dengan kata lain terdapat hubungan yang positif antara penggunaan media internet ( X ) dengan hasil belajar ( Y ) adalah termasuk kategori sangat tinggi selain itu koefisien determinasi R Square nialinya 0,10 atau 10 %. Selanjutnya berdasarkan hasil pengujian keberartian koofisien korelasi diperoleh nilai r hitung 0,99 lebih besar nilai t table 0,4044 pada taraf signifikan 5 %. Ini menunjukan ada hubungan positif antara penggunaan media internet dengan prestasi belajar siswa pada pelajaran ekonomi
Downloads
References
Anne Ratnasari, (2008), Internet Sebagai Media Penunjang Studi Mahasiswa, Jurnal Mimber, No. 1. Vol. XXIV
Arikunto, S. (2002), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta. PT. Rineka Cipta.
Arikutno, S. (2006), Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2001) Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan ( Edisi revisi). Jakarta. Bumi Aksara.
Arikunto, S (2010), Prosedur Penelitian Sekutu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar, (2002), Media Pembelanjaran edisi I. Jakarta. PT. Raja Gralindo Persada.
Jihad, Asep, Abdul Haris, (2013) , Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta, Multi Presindo
Munir, (2008), Kuriklum Berbasis Teknologi Infromasi Dan Komunikasi, Bandung, Alfabeta
Ridwan, (2012), Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian, Bandung: Alfa Beta
Rusman, (2012) Model-model Pembelajaran Depok, PT. Rajagrafindo Persada.
Save M Dagun, (2006), Kamus Besar Ilmu Pengetahuan, Jakarta Rineka Cipta.
Slameto, (2003), Belajar dan Faktor-Faktor Belajar Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT, Rineka Cipta/
Sudjana (2003), Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung; Sinar Baru
Sdjana, Nana. (2011), Penilaian Haasil dan Proses Belajar Mengajar, Bandung Rosda Karya.
Sugiyono, (2005), Metode Penelitian Bisnis, Bandung, Alfa Beta
Sutarman, (2009), Pengantat Teknologi Informasi Jakarta: Bumi Aksara