HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA INTERNET TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS 2 DI SMA NEGERI 3 BAUBAU

Authors

  • Harubali
  • Jamal Universitas Dayanu Iksanuddin

Keywords:

Media, Internet, Hasil Belajar

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara pengguna media internet terhadap hasil belajar Ekonomi siswa XI IPS. 2 di SMA Negeri 3 Baubau. Tujuan yang dilakukan dalam penelitian ini agar  mengetahui hubungan antara penggunaan media internet terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS. 2 di SMA Negeri 3 Baubau.. Adapun manfaatnya ada dua yaitu, Teoritis dan Praktis. Dimana manfaat teoritis dari hasil penelitian diharapkan dapat memberikan sumbangan pikiran terhadap perkembangan ilmu pendidikan khususnya kemampuan menggunakan media internet terhahad hasil belaja siswa sedangkan Paraktis sebagai informasi kepada guru ekonomi khususnya tentang pentingnya internet dalam pembelajaran ekonomi kepada siswa, Serta dapat dijadikan sebaga bahan pertoimbangan peningkatan kualitas pembelajaran, Metode pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Adapun Populasi yang akan dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini  sebagai responden adalah  keseluruhan siswa kelas XI IPS. 2 yang berjumlah 22 siswa  Kelas XI IPS 2 di SMA Negri 3  Baubau. 2. Adapun cara  pengambilan data yang dilakukan yaitu pengamatani, angket dan pencatatan. Adapun Variabel yang akan digunakan dalam  penelitian ini  dua variabel X yaitu dimana variabel X merupakan variabel Independent (bebas)  sedangkan  variabel Y yaitu merupakan dependent ( terikat.)

Sesuai hasil kesimpulan  menunjukan bahwa perhitungan koefisien korelasi (r) hitung sebesar 0,992. Artinya korelasi bertanda positif dengan kata lain terdapat hubungan yang positif antara penggunaan media internet ( X ) dengan hasil belajar ( Y ) adalah termasuk kategori sangat tinggi selain itu koefisien determinasi R Square nialinya 0,10 atau 10 %. Selanjutnya berdasarkan hasil pengujian keberartian koofisien korelasi diperoleh nilai r hitung 0,99 lebih besar nilai t table 0,4044 pada taraf signifikan 5 %. Ini menunjukan  ada hubungan positif antara penggunaan media internet dengan prestasi belajar siswa pada pelajaran ekonomi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anne Ratnasari, (2008), Internet Sebagai Media Penunjang Studi Mahasiswa, Jurnal Mimber, No. 1. Vol. XXIV

Arikunto, S. (2002), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Arikutno, S. (2006), Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2001) Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan ( Edisi revisi). Jakarta. Bumi Aksara.

Arikunto, S (2010), Prosedur Penelitian Sekutu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar, (2002), Media Pembelanjaran edisi I. Jakarta. PT. Raja Gralindo Persada.

Jihad, Asep, Abdul Haris, (2013) , Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta, Multi Presindo

Munir, (2008), Kuriklum Berbasis Teknologi Infromasi Dan Komunikasi, Bandung, Alfabeta

Ridwan, (2012), Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian, Bandung: Alfa Beta

Rusman, (2012) Model-model Pembelajaran Depok, PT. Rajagrafindo Persada.

Save M Dagun, (2006), Kamus Besar Ilmu Pengetahuan, Jakarta Rineka Cipta.

Slameto, (2003), Belajar dan Faktor-Faktor Belajar Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT, Rineka Cipta/

Sudjana (2003), Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung; Sinar Baru

Sdjana, Nana. (2011), Penilaian Haasil dan Proses Belajar Mengajar, Bandung Rosda Karya.

Sugiyono, (2005), Metode Penelitian Bisnis, Bandung, Alfa Beta

Sutarman, (2009), Pengantat Teknologi Informasi Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2022-09-09