PENGARUH PARTISIPASI ANGGOTA TERHADAP KEBERHASILAN USAHA KOPERASI BERKAH AKADEMIKA UNIDAYAN
Keywords:
Partisipasi Anggota, Keberhasilan Usaha KoperasiAbstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana partisipasi anggota berpengaruh terhadap Keberhasilan usaha koperasi berkah akademika?. jenis penelitiannya adalah causal explanatory karena merupakan penelitian yang menjelaskan hubungan antara variabel independent dengan dependent. Adapun Alat pengumpulan data instrumen yang digunakan adalah dokumentasi yaitu pengambilan data yang telah didokumentasikan oleh pihak Koperasi dengan mencatat dan mengcopy laporan-laporan tahun 2018-2022 yang sesuai penelitian ini. Wawancara (interview) untuk memperoleh data dan informasi dalam hal ini peneliti ini mengadakan wawancara langsung dengan pengurus Koperasi. Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif adapun model yang digunakan yaitu Structural Equation Model (SEM) untuk mengetahui hubungan kausal antar variabel yang terdapat dalam persamaan struktural dengan kerangka analisis sebagai berikut: . α1 adalah Pengaruh Partispasi Anggota sebagai Pemilik (X1) terhadap Keberhasilan Koperasi (Y).α2 adalah Pengaruh Partispasi Anggota sebagai Pengguna (X2) terhadap Keberhasilan Koperasi (Y). Hasil penelitian ini adala sebagai berikut (1) α0 = -17.522 merupakan konstanta yang berarti jika Partisipasi Sebagai Pelanggan dan Partisipasi Sebagai Pemilik = 0 maka keberhasilan usaha akan sebesar -17.522; (2) α1 = 0.087 merupakan koefisien variabel partispasi sebagai pemilik. jika variabel partisipasi sebagai pemilik naik 1 satuan, maka keberhasilan usaha akan naik sebesar 0.087 satuan. (3) α2 = 0.043 merupakan koefisien regresi variabel partisipasi sebagai anggota yang berarti jika Partisipasi Sebagai Pelanggan meninkat sebesar 1 satuan, maka keberhasilan usaha akan meningkat sebesar 0.043 satuan.
Downloads
References
Hanel, A. (1989). Pokok-Pokok Pikiran Mengenai Organisasi Koperasi dan Kebijakan Pengembangan di Negara-negara Berkembang. Edisi Pertama, Universitas Padjadjaran, Bandung.
Poetry, G., & Halim, V. (2022). Pengaruh Service Quality, Positive Emotional Experience, Customer Value, Dan Brand Awareness Terhadap Customer Satisfaction Dan E-Wom Wisatawan Di Danau 3 Warna Kelimutu Ende Ntt. Jurnal Manajemen Pemasaran, 16(2), 67–76. https://jurnalpemasaran.petra.ac.id/index.php/mar/article/view/24790
Sari, Y. (2021). Pengaruh Kreativitas dan Motivasi terhadap Keberhasilan Usaha pada Bisnis Kuliner di Kab Oku. VISIONIST, 10(1), 62–69. http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/jmv/article/view/2034/2012
Sugiastini, I. A. F., & Yuliarmi, N. N. (2015). Pengaruh partisipasi anggota terhadap keberhasilan koperasi serba usaha di kota denpasar. E-Jurnal EP Unud, 4(3), 210–219. https://www.neliti.com/publications/44510/pengaruh-partisipasi-anggota-terhadap-keberhasilan-koperasi-serba-usaha-di-kota