PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 LAPANDEWA

Authors

  • Jamal Adri Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Wa Surayanti Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Keywords:

Keterlambatan Penyelesaian Masa Studi

Abstract

rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah dengan penggunaan media powerpoint pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lapandewa?”. Sedangkan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan media power point pada pembelajaran IPS bagi siswa SMP Negeri 3 Lapandewa. Hipotesis penelitian ini adalah dengan penggunaan media power point dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 3 Lapandewa Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah-langkah pelaksanaan tindakan pada penelitian ini terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Refleksi. Tahapan Siklus dilaksanakan dengan dua putaran, yaitu siklus I dan siklus II. Alat pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Dalam penelitian ini Kriteria keberhasilannya adalah 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media power point dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS bagi siswa kelas VII SMPN 3 Lapandewa. Hasil Analisis menunjukkan bukti bahwa tingkat hasil belajar pada prasiklus 35% meningkat pada siklus I menjadi 60% dan pada siklus II meningkat menjadi 85%. Pemanfaatan media power point juga dapat lebih meningkatkan hasil belajar siswa, hasil ujian akhir dapat menunjukkan bahwa persentase hasil pada pra siklus adalah 40%. Peningkatan tersebut dicapai pada tes siklus I, dimana persentase hasil belajar yang mencapai KKM adalah 60%. Selain itu, kenaikan juga terjadi pada siklus II yaitu 85%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, dan Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran Peranannya sangat penting dalam Proses Pembelajaran. Gava Media. Yogyakarta

Masrinawati, dkk. 2016. Pengaruh Media Power Point terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 87 Palembang Yogyakarta dalam Pembelajaran Materi Bangun Ruang (Jurnal). https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jisd/article/view/8607/4606. (Diakses 3 Januari 2021)

Mudani .(2010). Tujuan Media Pembelajaran PowerPoint. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2021-11-15