STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI MENGGUNAKAN METODE TALKING STICK DAN METODE CERAMAH DI SMA NEGERI 4 BAUBAU
Keywords:
Perbandingan Hasil Belajar Ekonomi., Siswa Kelas XI, Metode Talking Stick, Metode CeramahAbstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI menggunakan metode Talking stick dengan metode ceramah di SMA Negeri 4 Baubau.? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI menggunakan metode Talking stick dengan metode ceramah di SMA Negeri 4 Baubau.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Eksperimen Design Pretest Posttest Control Group Design atau desain eksperimen pre-test post-test dengan dua kelompok (grup). Dalam desain ini observasi yang dilakukan sebanyak 2 kali, yaitu sebelum dan sesudah eksperimen. “Observasi yang dilakukan sebelum eksperimen (01) disebut dengan pretest dan observasi yang dilakukan sesudah eksperimen (02) disebut dengan posttest ” (Suharsimi Arikunto, 2006:65). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) Lembar observasi, dan (2) Tes hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu : (1) Observasi, dan (2) Tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif, dan komparatif dengan menggunakan program SPSS versi 16.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode talking stick (kelas eksperimen) diperoleh nilai minimum sebesar 70, nilai maksimum sebesar 95, nilai mean sebesar 79.7727 dan nilai standar deviasi sebesar 7.15097. Sedangkan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode ceramah (kelas kontrol) diperoleh nilai minimum sebesar 60, nilai maksimum sebesar 85, nilai mean sebesar 72.6087 dan nilai standar deviasi sebesar 8.23926.. (2) Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai t hitung lebih besar jika dibandingkan dengan t tabel (3.600 ≥ 2.797), berarti Ho (hipotesis null) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima, yaitu terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara pembelajaran menggunakan metode talking stick dengan metode ceramah pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Baubau
Downloads
References
Abdul Aziz Wahab. (2001).Metode Dan Model Mengajar. Bandung:Alfabeta
Anonim. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas, Jakarta, Setretariat Negara
Buchori. (1993). Spektrum Problematika Pendidikan di Indonesia, Tiara Wacana Yoyakarta
Burton,William.(1952).The Guidance Of Learning Aktivities. New york ; Appleton Century
Conny Semiawan, dkk. (1992). Pendekatan Ketrampilan Proses. Bagaimanakah Mengaktifkan Siswa Dalam Belajar ?. Jakarta: Grasindo.
Dreeben,Robert. (1968).On What Is Learned In School. London ; Addidson wesley Publishing company.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
European Commission. (2006). Classification Of Learning Activities–Manual, www.uis.unesco.org/template/pdf/isced/NFE_CLA_Eurostat_EN.
Muhibbin Syah. 1997. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung Remaja Rosda Karya.
Oemar Hamalik. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Popham James W. dkk. (1995).Teknik Mengajar Secara Sistematis. Jakarta : Rineka Cipta.
Sardiman AM, (2004), Interaksi-Motivasi-Belajar-Mengajar. Jakarta:Rajawali Press.
Slameto.(2003). Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.
Sudjana (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Alegensindo.
Subroto Suryo, (2001). Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Alegensindo
Sugiyono, (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2006) .Prosedur Penilitian Suatu Pendekatan Perakts. Jakarta; Rina Cipta
Suherman Eman. (2006). Strategi Mengajar Belajar. Malang: Universitas Negeri Malang.
Winkel ,W.S. (1987). Psikologi Belajar. Jakarta ; Gramedia
Zainal Aqib (2008). Beda Strategi, Model, Pendekatan, Metode, dan Teknik Pembelajaran (http://smacepiring.wordpress.com/)