PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII2 SMP NEGERI 2 LAPANDEWA KECAMATAN LAPANDEWA KABUPATEN BUTON SELATAN

Authors

  • Yanto Badje

Keywords:

Metod, Picture And Picture, Aktivity

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode picture and picture dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VII2 SMP Negeri 2 Lapandewa kecamatan Lapandewa kabupaten Buton Selatan. (2) Bagaimanakah hasil belajar dalam menerapkan metode picture and picture pada siswa kelas VII2 SMP Negeri 2 Lapandewa Kecamatan Lapandewa Kabupaten Buton Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Bagaimana penerapan metode picture and picture dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VII2 SMP Negeri 2 Lapandewa kecamatan Lapandewa kabupaten Buton Selatan. (2) Hasil belajar dalam menerapkan metode picture and picture pada siswa kelas VII2 SMP Negeri 2 Lapandewa Kecamatan Lapandewa Kabupaten Buton Selatan. Jenis penelitian ini adalah: penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Landewa Kecamatan Lapandewa kabupaten Buton Selatan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelasa VII2 SMP Negeri 2 Lapandewa yang terdiri dari 22 siswa. Instrument dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi, dan soal test. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, dan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan analisis hasil penelitian menunjukan bahwa (1) dari hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada akhir siklus I sebear 77,43% dan meningkat dengan presentase keterlaksanaan menjadi sebesar 81,33% di akhir sikus II. (2) hasil belajar pada aspek kognitif yang mampu di capai oleh siswa pada siklus I sebesar 77,43% meningkat menjadi sebesar 81,33% pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Huda, M. (2014). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto, (2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme guru, Edisi Kedua. Jakaarta. Rajawali Pers

Sardiman. AM. (2011).Interaksi dan Motivas Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo persada

Sugyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung. Alfabeta.

Sujana. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Suprijono. (2011). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Downloads

Published

2023-02-08

Most read articles by the same author(s)