PENGARUH MOTIVASI DAN LINGKUNGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 WAKORUMBA SELATAN DI KABUPATEN MUNA
Keywords:
motivasi, lingkungan, prestasiAbstract
Tujuan dari peneliatian ini adalah untuk mengetahui (1)Pengaruh antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Wakorumba Selatan (2) Pengaruh antara lingkungan belajar dengan hasil belajar IPS pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Wakorumba Selatan (3) Pengaruh antara motivasi dan lingkungan terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Wakorumba Selatan. (4) Hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Wakorumba Selatan. (5) Hubungan antara lingkungan belajar dengan hasil belajar IPS pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Wakorumba Selatan.(6) Hubungan antara motivasi belajar dan lingkungan dengan hasil belajar IPS pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Wakorumba Selatan.
Adapun variabel dalam penelitian ini adalah motivasi (X1), lingkungan (X2) dan satu variabel terikat yakni hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosail (IPS) siswa (Y), karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, dan lingkungan terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 68 siswa. Karena populasinya kurang dari 100 orang, maka populasi sekaligus menjadi sampel dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan Program IBM SPSS Statistics for 26
Dari hasil analisis dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) Persamaan regresi linear berganda motivasi (X1) dan lingkungan (X2) terhadap hasil belajar IPS siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Wakorumba Selatan merupakan model regresi yang signifikan = 0,000 < = 0,05 sedangkan persamaan regresi linear gandanya adalah: = 35,325+0,751+0,157. (2) Hasil uji keberartian regresi menunjukan bahwa F hitung sebesar 156.686 dan signifikan pada taraf signifikansi 0,000 karena signifikan pada α = 0,000 < 0,05, dengan dk = 38, sehingga secara bersama-sama dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi ganda = 35,325+0,751+0,157 signifikan, berarti ada pengaruh yang signifikan antara motivasi (X1) dan lingkungan (X2) terhadap hasil belajar IPS siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Wakorumba Selatan (Y) . (3) Besarnya koefisien korelasi ganda yang mengatakan tingkat keeratan pengaruh motivasi (X1) dan lingkungan (X2) terhadap hasil belajar IPS siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Wakorumba Selatan sebesar 0,944 dengan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,892. Hal ini berarti bahwa 89,2 % keberagaman hasil belajar siswa ditentukan oleh motivasi dan lingkungan serta selebihnya 10,8 % ditentukan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti.
Downloads
References
Ahmad Ahzar. 2009. Lingkungan dan Pengaruhnya.Http://Ahmadazar.Wordpres.com
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka cipta.
Hamalik Oemar. 2003. Proses belajar mengajar. Bandung: Bumi Aksara
Hutabarat, E.P. 1986. Cara Belajar. Jakarta : BPK Gunung Mulia
Irwanto. 1997. Psikologi Umum. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Ngalim Purwanto. 1994. Ilmu Pendidikan. Bandung: Remadja Karya
Noevi Nasution. 1993. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Depdikbud Proyek PMGSD
Prayitno Elida, 1989. Motivasi dalam Belajar. Jakarta: PPLPTK Depdikbud.
Usman, Husain dan Setiady Akbar, Purnomo. 2006. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara
Sardiman. A.M. 2006. Interaksi dan motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pres.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Putra.
Sudjana. 2001. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito
Sudjana N. 2005. Media Pengajaran. Bandung : CV. Sinar Baru.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : ALFABETA
Suharsimi Arikunto. 2002. Manajemen Penelitian. Jakarta. PT. Rineka Cipta.
Syaiful B.D. dan Aswan Z. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
UU No.S 20 Tahun 2003, Tentang sistem pendidikan nasional.
Winartro. 2005. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Mengajar. Tarsito Bandung.