PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN UNTUK MEMBELI PADA MINIMARKET PASIPA RAYA KELURAHAN LIPU KECAMATAN BETOAMBARI KOTA BAUBAU

Authors

  • Harubali Harubali Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • La Sariade Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pembeli

Abstract

Kualitas pelayanan merupakan faktor yang sangat penting yang meberikan keputusan pembeli, Sehingga pembeli merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Minimarket Pasipa.  Adapun  masalah dari penelitian ini adalah Seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan untuk membeli pada Minimarket. Adapun tujuan dalam penelitian ini  adalah untuk mengetahui  pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan membeli pada Minimarket Pasipa Raya Kelurahan Kecamatan Betoambari Kota Baubau.. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder yang bersumber dari tehnik pengumpulan data yaitu observasi langsung, wawancara dengan mengedarkan kusioner kepada responden dan dokumentasi. Adapun jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 76 orang konsumen yang membeli di Minimiarket Pasipa dengan jumlah  sampel  38 orang.  Penelitian ini menggunakan  metode yang Analisis Regresi Sedrehana Sederhana. Dengan rumus yaitu Y= a + bx. Hasil penelitian inimenunjukan bahwa pengaruh pelayanan terhadap keputusan konsumen pada Minimarket Pasipa Raya Kecamatan Betoambari Kota Baubau sangat berpengaruh, dimana Y= 36,39 + 0,36x Hasil uji koofisien determinasi diperoleh R Square sebesar 0,72 ini menunjukan bahwa variabel dependen  keputusan pembeli sebesar 72% dipengaruhi variabel Independen sedangkan 28 % dipengaruhi variabel lain yang belum diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2003. Manajemen Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta

Bariroh. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen pada Minimarket dan Indomaret. Jurnal Psikolog Universitas Negri Malang. Diakses Pada 5 September 2017.

Basu Swasta dan T Hani Handoko. 2000. Manajemen Pemasaran dan Analisis Perilaku Konsumen. BPFE. Yogyakarta

Endar, Sugiarto. 2000. Psikologi Pelayanan dan Industri Jasa. Gramedia. Jakarta

M. Iqbal Hasan, 2009. Analisis Data Penelitian Statistika. Bumi Aksara. Jakarta

Nabila Muhfuza, 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Minimarket Dan Indomaret. Jurnal Psikolog

Riduwan, 2008. Belajar Mudah Penelitian. Alfabeta. Bandung

Rambat Lupyoadi. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori Dan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta

Zulian Yamit. 2005. Manajemen Kualitas Produk Dan Jasa. Edisi Pertama, Cetakan Keempat, Kampus Fakultas Ekonomi UII. Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-11-15