STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI MENGGUNAKAN METODE TALKING STICK DAN METODE CERAMAH DI SMA NEGERI 4 BAUBAU

Authors

  • azan
  • wa ode eli universitas dayanu ikhsanuddin
  • yanto badje Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Keywords:

Perbandingan Hasil Belajar Ekonomi., Siswa Kelas XI, Metode Talking Stick, Metode Ceramah

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI menggunakan metode Talking stick dengan metode ceramah di SMA Negeri 4 Baubau.? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI menggunakan metode Talking stick dengan metode ceramah di SMA Negeri 4 Baubau.

Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Eksperimen Design  Pretest Posttest Control Group Design  atau  desain eksperimen  pre-test   post-test  dengan  dua kelompok   (grup). Dalam desain   ini observasi yang dilakukan sebanyak 2 kali, yaitu sebelum dan sesudah eksperimen. “Observasi yang dilakukan sebelum eksperimen (01) disebut dengan pretest  dan observasi yang dilakukan  sesudah eksperimen  (02)  disebut dengan  posttest ” (Suharsimi Arikunto, 2006:65). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) Lembar observasi, dan (2) Tes hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu : (1) Observasi, dan (2) Tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif, dan  komparatif dengan menggunakan program SPSS versi 16.0 for windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil analisis kuantitatif menunjukkan  bahwa  hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode talking stick  (kelas eksperimen) diperoleh nilai minimum sebesar 70, nilai maksimum sebesar 95, nilai mean sebesar 79.7727 dan nilai standar deviasi sebesar 7.15097.  Sedangkan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode ceramah (kelas kontrol) diperoleh nilai minimum sebesar 60, nilai maksimum sebesar 85, nilai mean sebesar 72.6087 dan nilai standar deviasi sebesar 8.23926.. (2) Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai t hitung lebih besar jika dibandingkan dengan t tabel (3.600 ≥ 2.797), berarti Ho (hipotesis null) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima, yaitu terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara pembelajaran menggunakan metode talking stick dengan metode ceramah pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Baubau

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Aziz Wahab. (2001).Metode Dan Model Mengajar. Bandung:Alfabeta

Anonim. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas, Jakarta, Setretariat Negara

Buchori. (1993). Spektrum Problematika Pendidikan di Indonesia, Tiara Wacana Yoyakarta

Burton,William.(1952).The Guidance Of Learning Aktivities. New york ; Appleton Century

Conny Semiawan, dkk. (1992). Pendekatan Ketrampilan Proses. Bagaimanakah Mengaktifkan Siswa Dalam Belajar ?. Jakarta: Grasindo.

Dreeben,Robert. (1968).On What Is Learned In School. London ; Addidson wesley Publishing company.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

European Commission. (2006). Classification Of Learning Activities–Manual, www.uis.unesco.org/template/pdf/isced/NFE_CLA_Eurostat_EN.

Muhibbin Syah. 1997. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung Remaja Rosda Karya.

Oemar Hamalik. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Popham James W. dkk. (1995).Teknik Mengajar Secara Sistematis. Jakarta : Rineka Cipta.

Sardiman AM, (2004), Interaksi-Motivasi-Belajar-Mengajar. Jakarta:Rajawali Press.

Slameto.(2003). Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.

Sudjana (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Alegensindo.

Subroto Suryo, (2001). Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Alegensindo

Sugiyono, (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2006) .Prosedur Penilitian Suatu Pendekatan Perakts. Jakarta; Rina Cipta

Suherman Eman. (2006). Strategi Mengajar Belajar. Malang: Universitas Negeri Malang.

Winkel ,W.S. (1987). Psikologi Belajar. Jakarta ; Gramedia

Zainal Aqib (2008). Beda Strategi, Model, Pendekatan, Metode, dan Teknik Pembelajaran (http://smacepiring.wordpress.com/)

Downloads

Published

2024-12-14

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>