Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe (STAD) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X.2 SMA Negeri 2 Lapandewa
Keywords:
Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe (STAD), Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi SiswaAbstract
Rumusan masalah dari peneitian ini yaitu :1)Apakah Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar siswa kelas X.2 SMAN 2 Lapandewa?, 2) Apakah Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat Meningkatkan Hasil Belajar kelas X SMAN 2 Lapandewa.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas X.2 dengan jumlah 25 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes dan lembar observasi.Hasil penelitian ini menunjukkan 1) penggunaan model pembelajaran tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X.2 SMA Negeri 2 Lapandewa, persentase keterlaksanaan akhir siklus I sebesar 67% meningkat menjadi 78% akhir siklus II. 2) Penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.2 SMA Negeri 2 Lapandewa, sesuai hasil tes evaluasi siklus I dengan ketuntasan klasikal sebesar 52% meningkat menjadi sebesar 92% pada akhir siklus II.
Downloads
References
Ali, M. 1993. Srategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.
Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajara Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama
Mulyasa. 2009. Praktek penelitian tindakan kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya
Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme guru, Edisi Kedua. Jakarta. Rajawali Pers
Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo
Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sujana. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Teguh Triyanto, 2014. Pengantar Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara
Undang-Undang RI Nomor 20. Tahun 2003, Sistem Pendidikan nasional. Jakarta: Depdiknas