MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI METODE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA KELAS X DI SMA NEGERI 2 WABULA
Keywords:
Hasil Belajar, Metode, Two Stay Two StrayAbstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah penerapan metode Two Stay Two Stray dapat meningkatkan aktivitas belajar pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Wabula, dan (2) apakah penerapan metode Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar Ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Wabula. Tujuan penelitian ini adalah : (1) peningkatan aktivitas belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 2 Wabula melalui penerapan metode Two Stay Two Stray. (2) Peningkatan hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 2 Wabula melalui penerapan metode Two Stay Two Stray. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Wabula yang berjumlah 14 siswa, penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu : (1) perencanaan, (2)pelaksanaan, (3) obsevasi atau evaluasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Aktivitas belajar Ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 2 Wabula yang diajar dengan menerapkan metode Two Stay Two Stray pada setiap siklus terjadi peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari persentase aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama hanya sebesar 56%, sedangkan pertemuan kedua sebesar 64%. Kemudian pada siklus II pertemuan pertama meningkat sebesar 79%, sedangkan pertemuan kedua meningkat sebesar 87%. Hal ini telah melampaui indikator keberhasilan yang ditentukan yaitu 70%. (2) Deskripsi hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Wabula pada siklus I menunjukan bahwa nilai persentase hasil belajar sebesar 57%, sedangkan hasil deskripsi hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan yang menunjukan bahwa nilai persentase yang diperoleh siswa adalah sebesar 86%.asi anak melanjutkan studi keperguruan tinggi tergolong sangat rendah.
Downloads
References
Anni, Chatharina, dkk. 2009. Psikologi Belajar. Semarang. UNNES Press
Abdurrahman, Mulyono (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Dahar, Rw. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. PT Rineka Cipta
Dimyati, dan Mudjiono. 2009. Belajara dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, Omar. 2009. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendektan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Harmaningsih. 2008. Faktor-Faktor Yang Mepengaruhi Hasil Belajar. (http://harmaningsih.blogspot.com/2008/08/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-hasil.html) diakses pada tanggal 26 Februari 2022
Hidayahtullah. 2012. Ciri-Ciri Belajar. (http://pgri-lebak-org/artikel/121-ciri-ciri-belajar.html) diakses pada tanggal 26 Februari 2022
Khoirumas. 2012. Pengertian Aktivitas Guru. (http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2253628-pengertian-aktivitas-guru) diakses pada tanggal 26 Februari 2022