MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI METODE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA KELAS X DI SMA NEGERI 2 WABULA

Authors

  • Murniati Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau

Keywords:

Hasil Belajar, Metode, Two Stay Two Stray

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah penerapan metode Two Stay Two Stray dapat meningkatkan aktivitas belajar pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Wabula, dan (2) apakah penerapan metode Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar Ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Wabula. Tujuan penelitian ini adalah : (1) peningkatan aktivitas belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 2 Wabula melalui penerapan metode Two Stay Two Stray. (2) Peningkatan hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 2 Wabula melalui penerapan metode Two Stay Two Stray. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Wabula yang berjumlah 14 siswa, penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu : (1) perencanaan, (2)pelaksanaan, (3) obsevasi atau evaluasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Aktivitas belajar Ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 2 Wabula yang diajar dengan menerapkan metode Two Stay Two Stray pada setiap siklus terjadi peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari persentase aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama hanya sebesar 56%, sedangkan pertemuan kedua sebesar 64%. Kemudian pada siklus II pertemuan pertama meningkat sebesar 79%, sedangkan pertemuan kedua meningkat sebesar 87%. Hal ini telah melampaui indikator keberhasilan yang ditentukan yaitu 70%. (2) Deskripsi hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Wabula pada siklus I menunjukan bahwa nilai persentase hasil belajar sebesar 57%, sedangkan hasil deskripsi hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan yang menunjukan bahwa nilai persentase yang diperoleh siswa adalah sebesar 86%.asi anak melanjutkan studi keperguruan tinggi tergolong sangat rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anni, Chatharina, dkk. 2009. Psikologi Belajar. Semarang. UNNES Press

Abdurrahman, Mulyono (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Dahar, Rw. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. PT Rineka Cipta

Dimyati, dan Mudjiono. 2009. Belajara dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, Omar. 2009. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendektan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Harmaningsih. 2008. Faktor-Faktor Yang Mepengaruhi Hasil Belajar. (http://harmaningsih.blogspot.com/2008/08/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-hasil.html) diakses pada tanggal 26 Februari 2022

Hidayahtullah. 2012. Ciri-Ciri Belajar. (http://pgri-lebak-org/artikel/121-ciri-ciri-belajar.html) diakses pada tanggal 26 Februari 2022

Khoirumas. 2012. Pengertian Aktivitas Guru. (http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2253628-pengertian-aktivitas-guru) diakses pada tanggal 26 Februari 2022

Downloads

Published

2023-02-08

Most read articles by the same author(s)