ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 1 LAKUDO
Keywords:
Pembelajaran, E-Learning, Pandemi Covid19Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses implementasi pembelajaran berbasis e-learning pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 1 Lakudo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pelaksanaan pembelajaran berbasis E-Learning pada masa pandemic dan untuk mengetahui strategi yang digunakan guru dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis E-Learning pada masa pandemi pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 1 Lakudo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskritif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru ekonomi kelas X di SMA Negeri 1 Lakudo. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran berbasis e-learning di SMA Negeri 1 Lakudo sudah terlaksana dengan cukup baik dalam pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi guru dan peserta didik menggunakan aplikasi WhattsApp sebagai media untuk berkomunikasi, mengirim materi dan pemberian tugas kepada peserta didik adapun strategi yang digunakan guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi guru akan mengadakan pertemuan tatap muka dengan siswa dengan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk menjelaskan kembali materi yang belum dipahami terutama pada materi mengenai perhitungan seperti jurnal umum, buku besar dan neraca saldo
Downloads
References
Arifin M, Barnawi. (2014). Manajemen Sarana dan Prasana Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz-Media
Budimansyah, (2002). Model Pembelajaran dan Penilaian. Bandung: Remaja Rodaskarya
Chandrawaati, Sri, Rahayu. (2010). Pemafaatan e-learning dalam pembelajaran. Jurnal Cakrawala Kependidikan. Vol.8 No 2..
Mahnun, Nunu. (2012). Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media dan Implementasi dalam Pembelajaran). Jurnal pendidikan Islam: Vol.37 (1):27
Majid, Abdul. (2011). Perencanaan Pembelajaran .Bandung: Remaja Rodaskarya.
Menteri Pendidikan (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19
Nurdyansyah dan Erni Fariyatul Fahyuni.(2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 201. Sidoarjo:Nizamia Learning.
Pribadi, M.A., & Benny, A. (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta:Prenamedia Group.
Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Pendidikan
Bandung:Alfabeta
Supardi (2013) Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta:Rajawali pers