PENGARUH HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEMBAKO DI TOKO BILLAH PASAR KARYA NUGRAHA KOTA BAUBAU

Authors

  • Murniati Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau
  • Muhammad Hakim Universitas Dayanu Iksanuddin

Keywords:

pengaruh, harga, keputusan pembelian

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Sembako Di Toko Billah Pasar Karya Nugraha Kota Baubau?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Sembako Di Toko Billah Pasar Karya Nugraha Kota Baubau.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang pernah membeli minimal dua kali pembelian. Sampel diambil menggunakan accidental sampling dari teknik nonprobability sampling dengan jumlah 43 pembeli. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket/kuesioner dan observasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reabilitas, regresi linear sederhana, uji (t) dan uji determinasi sederhana.

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa Dari hasil koefisien regresi bernilai signifikan, maka dengan demikian dapat dikatakan bahwa harga

(X) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Artinya jika variabel harga meningkat, maka variabel keputusan pembelian juga meningkat. Berdasarkan dari hasil uji t menunjukkan bahwa variabel harga didapat nilai signifikan 0,000<0,005. Artinya bahwa variabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Toko Billah. Berdasarkan hasil nilai koefisien determinasi yang merupakan hasil dari R square yaitu sebesar 31% dan sisanya 69% yang dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, Buchari. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Arthur A. Thompson, MA (2016). Menyusun dan melaksanakan strategi: Pencarian keunggulan kompetitif, konsep dan bacaan. New York: McGraw- Hill Pendidikan.

Dwi L, Ramadhani (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk di Gulai Kepala Ikan Bank jo.

Fandy Tjiptono, (2015), Strategi Pemasaran. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Ferdian Agung, Arif (2018). Analisis Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Komparatif Pada Konsumen Indomaret dan Swalayan Surya Jalur 2 Korpri.

Gitosudarmo, Indriyo (2008). Manajemen Pemasaran Edisi Kedua. Yogyakarta: BEFE Yogyakarta.

Indrawati (2015). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis. Bandung: PT Refika Aditama.

Kotler Philip, Amstrong Gary. (2018). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-12. Penerbit Erlangga.

Kotler, P, Keller K (2016): Manajemen Pemasaran, Edisi ke-15 New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Kotler, Philip (2001). Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta: Salembe Empat. (n.d.).

Nova D.K. Analisis (2013). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayana Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Waroeng

Semarang: Universitas Diponegoro.

Purwana, A. E. 2019. Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Minimarket Amarta Mlilir Jl. PonorogoMadiun. In Skripsi (Nomor 2). Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Prabu, Mangkunegara Anwar (2005).Perilaku Konsumen. Bandung: PT. Refika Aditama.

Purnomo Setiady. (2017). Metodologi Penelitian Sosial.

Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ramadhani (2017). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk di Gulai Kepala Ikan Bank Jo.Skripsi, UIN Sunan Kalijaga.

Subhach (2001). Manajamen Pemasaran Internasional edisi 5 jilid 2, alih bahasa Imam Nurmawan. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif.

Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, Ujang (2003). Perilaku Konsumen. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Widya, Utami Christina (2008). Manajemen Ritel Strategi Dan Implementasi Ritel Modern. Jakarta: Salemba Empat.

Wiratma (2015). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustakabarupress.

Downloads

Published

2024-06-04