Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Baubau
Keywords:
Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL), Aktivitas Belajar, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar Ekonomi pada siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Baubau, (2) Hasil belajar Ekonomi siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Baubau setelah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL).Subjek pada penelitian ini adalah (1) Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Baubau, yang terdiri dari 21 siswa yang diteliti aktivitas dan prestasi belajarnya melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), dan (2) Guru mata pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri Baubau, yang diteliti adalah cara guru dalam melaksanakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri atas dua siklus. Siklus pertama terdiri atas dua tatap muka dan siklus kedua terdiri atas satu tatap muka. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, melaksanakan tindakan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar danĀ observasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti berperan sebagai pengamat yang berkolaborasi dengan guru Ekonomi, untuk bersama-sama melakukan penelitian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning berdasar-kan indikator langkah-langkah pembelajaran dalam penerapannya mencapai 95%. Dengan perbandingan pada siklus I sebesar 86%, sedangkan pada siklus II mencapai 95%. Berdasarkan indikator kinerja dalam penelitian ini sudah memenuhi keterlaksanaan. (2) Dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching Learning aktivitas siswa terlaksana, yakni pada siklus 1 mencapai 76%, sedangkan pada siklus II mencapai 92%. (3) Hasil belajar siswa yang diperoleh setelah siklus I yang memenuhi standar KKM hanya 67%, pada siklus II mencapai KKM sebesar 83% atau mengalami kenaikan sebesar 16%.
Downloads
References
Anonim, 2009. Strategi Belajar Mengajar. Universitas Muhammadiyah. Makassar:
Internet, Sumberhttp://nanunalmufarah.blogspot.co.id/2012/10/karakteristikbidang-studi ekonomi-unla.html
Johnson B.Elaine. 2002. Contextual Teaching & Learning. Bandung: Kaifa Learning.
Kemmis, S and Taggart, R. 1993.The action research planner.Victoria: Deakin University
Muhibbin Syah. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya.
Ngalim Purwanto. 2004. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Penerbit PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Nurkancana W. 1986. Evaluasi Pendidikan. Usaha Nasional: Surabaya