MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII PADA SISWA MTS WALOINDI KECAMATAN TOGO BINONGKO
Keywords:
Hasil Belajar, Model, Tipe JigsawAbstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas VII MTs Waloindi , dan (2) apakah penerapan model pembelajaraan Kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas VII MTs Waloindi. Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk meningkatkan aktivitas belajar pada mata pelajaran IPS kelas VII MTs Waloindi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw . (2)untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas VII MTs Waloindi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Waloindi yang berjumlah 21 siswa, penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana masing- masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) obsevasi atau evaluasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : Aktivitas belajar IPS siswa kelas VII MTs Waloindi yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada setiap siklus terjadi peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari persentase aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama sebesar 51%, sedangkan pertemuan kedua sebesar 60%. Kemudian pada siklus II pertemuan pertama meningkat sebesar 75%, sedangkan pertemuan kedua meningkat sebesar 86%. Hal ini telah melampaui indikator keberhasilan yang ditentukan yaitu 70%. (2) Deskripsi hasil belajar siswa kelas VII MTs WALOINDI pada siklus I menunjukan bahwa nilai persentase hasil belajar sebesar 57%, sedangkan hasil deskripsi hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan yang menunjukan bahwa nilai persentase yang diperoleh siswa adalah sebesar 86%
Downloads
References
Anni, Chatharina, dkk. 2009. Psikologi Belajar. Semarang. UNNES Press
Abdurrahman, Mulyono (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Dahar, Rw. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. PT Rineka Cipta
Dimyati, dan Mudjiono. 2009. Belajara dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, Omar. 2009. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendektan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Harmaningsih. 2008. Faktor-Faktor Yang Mepengaruhi Hasil Belajar. (http://harmaningsih.blogspot.com/2008/08/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-hasil.html) diakses pada tanggal 26 Februari 2022
Hidayahtullah. 2012. Ciri-Ciri Belajar. (http://pgri-lebak-org/artikel/121-ciri-ciri-belajar.html) diakses pada tanggal 26 Februari 2022
Khoirumas. 2012. Pengertian Aktivitas Guru. (http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2253628-pengertian-aktivitas-guru) diakses pada tanggal 26 Februari 2022