MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 WOLOWA KABUPATEN BUTON

Authors

  • Wa Ode Eli

Keywords:

Aktifitas, Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Mind Mapping

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1. Apakah penerapan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan aktivitas belajar ekonomi siswa Kelas X SMA Negeri l Wolowa Kabupaten Buton? 2. Apakah penerapan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa Kelas X SMA Negeri l Wolowa Kabupaten Buton. Penelitian ini bertujuan: Peningkatan aktivitas belajar ekonomi melalui penerapan model pembelajaran mind mapping pada siswa Kelas X SMA Negeri l Wolowa Kabupaten Buton. 2.Peningkatan hasil belajar ekonomi melalui penerapan model pembelajaran mind mapping pada siswa Kelas X SMA Negeri l Wolowa Kabupaten Buton. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model spiral menurut Kemmis & Taggart. Subjek Penelitian ini (1) Siswa kelas X2 SMA Negeri 1 Wolowa  yang berjumlah 25  siswa dan yang diteliti adalah aktivitas dan hasil belajarnya melalui model pembelajaran mind mapping. (2) Guru  mata pelajaran Ekonomi IPS kelas X2 di SMA Negeri 1 Wolowa, yang diteliti adalah cara guru dalam melaksanakan model pembelajaran mind mapping. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah: (1) Observasi partisipatif (2) Wawancara (3) Tes hasil belajar. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptiff kualitatif dengan tahapan: Analisis data, Penafsiran data, Sintesis data. Hasil penelitian dapat dijelaskann bahwa (1) Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Wolowa. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus II terlihat bahwa dari 8 aspek yang diamati, terdapat 6 aspek (79.75%) yang sudah terlaksana. Hal ini telah mencapai indikator yang telah ditetapkan yakni sekurang-kurangnya 70% dari keseluruhan aktivitas siswa telah tercapai. (2) Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Wolowa yaitu 92% dari seluruh siswa memperoleh nilai 70. Hal ini telah mencapai indikator yang telah ditetapkan yakni sekurang-kurangnya 70% dari keseluruhan siswa dalam pembelajaran ini memperoleh nilai 70

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. (2003). Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sisdiknas, Jakarta, Setretariat Negara

................ (2007). Permendiknas Nomor 41 tahun 2007. Jakarta, Setretariat Negara

Djamarah, dkk. (2002). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

European Commission. (2006). Classification of learning activities Manual, 2006 edition (www.uis.unesco.org/template/pdf/isced/NFE_CLA_Eurostat_EN).

Hisyam Zaini dkk., (2004). Strategi pembelajaran aktif, Yogyakarta: CTSD.

Iwan Sugiarto. (2004). Mengoptimalkan daya kerja otak dengan berfikir. Rosda Karya Bandung

Joyce, B., Weil, Marsha, & Calhoun, E. (2004). Models of teaching (Seventh Edition), Boston: Allyn & Bacon.

Kemmis, S & Taggart, R. (1993). The action research planner. Victoria: Deakin University.

Max Darsono. (2000). Belajar dan pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Nurhadi. (2003). Pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL). Malang: Universitas Negeri Malang.

Rusman. (2011). Model-model pembelajaran: mengembangkan profesionalisme guru. Rajawali Pers.

Oemar Hamalik. (2011). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Sardiman AM, (2004), Interaksi-motivasi-belajar-mengajar. Rajawali Pers

Siberman. (2000). Active learning: 101 Strategies to Teach Any Subject, terjemahan: Sarjuli dkk, Jakarta: Penerbit YAPPENDIS.

Slameto. (2003). Belajar dan faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2022-09-09